Berita:Serius Pertahankan Nilai SAKIP, Pemkab Paser Latih Semua Kepala Perangkat Daerah

Siaran Pers

BALIKPAPAN – Awal Desember 2023 Pemerintah Kabupaten Paser menerima penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang meningkat dari CC ke B. Peningkatan predikat ini langsung disikapi Pemkab Paser dengan melakukan pengayaan dan pendalaman materi kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah (PD).

Untuk bisa fokus dalam pendalaman materi, maka dengan dipimpin Sekda Katsul Wijaya, para staf ahli Bupati, para Asisten dan seluruh Kepala PD dikumpulkan selama 3 hari untuk menjalani coaching clinic, atau pembimbingan singkat dalam bentuk pelatihan untuk menguasai SAKIP.


Coaching Clinic ini berlangsung selama akhir pekan di Hotel Grand Jatra Balikpapan, dan dibuka Bupati Paser dr Fahmi Fadli, Jumat (15/12/23) malam. Bupati Paser dr Fahmi Fadli menyebut peningkatan ini harus diikuti oleh pemahaman yang sama tentang SAKIP berikut implementasinya oleh seluruh instansi di Pemerintah Kabupaten Paser.

“Mengingat pentingnya SAKIP maka kemampuan dan penguasaan secara baik dan benar menjadi prasyarat utama yang harus dipenuhi. Kemampuan dan penguasaan SAKIP idealnya harus dimiliki oleh pejabat setiap level paling tinggi hingga level paling rendah di setiap perangkat daerah,” kata Bupati.


“SAKIP adalah salah satu fokus saya. Oleh karenanya pencapaian kinerja pemerintah Kabupaten Paser tahun depan harus lebih meningkat lagi.  Kepada Pejabat Tinggi Pratama terutama para Kepala Perangkat Daerah, melalui coaching clinic ini, ada peningkatan pemahaman akuntabilitas kinerja dan juga semakin terbangunnya komitmen, dengan demikian akan mendorong praktek baik pelaksanaan SAKIP di lingkungan kerja,” lanjut Bupati Fahmi.


Bupati menyebut bahwa setelah coaching clinic para kepala PD segera melakukan koordinasi dan konsolidasi di internal instansi masing-masing. Bupati meminta agar Laporan Kinerja Perangkat Daerah Tahun 2023, yang disusun tahun 2024 harus lebih baik.

 Untuk diketahui, Bupati pada 6 Desember 2023 lalu Bupati Fahmi menerima penghargaan SAKIP di Nusa Dua Bali. Ini adalah penghargaan tertinggi bagi Pemerintah Daerah yang dinilai berhasil dalam hal akuntabilitas kinerja.


Narasumber coaching clinic ini ada dua dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Yaitu Canggih Hangga Wicaksono SST Kepala Subbidang Analisis Perumusan Kebijakan Akuntabilitas Aparatur, dan Afif Nur Wahid SAk Pengelola Keuangan. (Prokopim)


Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.0878 detik dengan memori 11.93MB.