Berita:Resmikan Literasi Kampus, Pemkab Paser Berharap Mahasiswa Jadi Motivator Literasi

Siaran Pers

TANA PASER- Pemerintah Kabupaten Paser dalam Kepemimpinan Bupati Paser dr. Fahmi Fadli. Terus berupaya untuk mewujudkan Visi paser Mas (Maju, adil dan Sejahtera). Untuk itu, dalam rangka mewujudkan Misi "Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Yang Berdaya Saing",  Pemerintah Kabupaten Paser tengah membangun gedung perpustakaan berbasis digital dengan fasilitas layanan berbasis teknologi berupa pojok baca digital.


Gedung yang dibangun di atas lahan Pemerintah Kabupaten Paser tersebut berada di kawasan Jl. Jendral Soedirman Kelurahan Tanah Grogot dengan fisik berupa gedung tiga lantai yang nantinya akan memenuhi fasilitas layanan berbasis teknologi.

Untuk itu pada momen peresmian Gerakan literasi Kampus, Bupati Paser dr. Fahmi Fadli melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah Kabupaten Paser, Ir. H.Romif Erwinadi, M.Si menyampaikan, gedung perpustakaan berbasis teknologi tersebut menjadi fasilitas serta sarana bagi masyarakat Kabupaten Paser agar lebih gemar untuk membaca.


"Di era digital saat ini, buku pun lebih ditampilkan secara digital. Hal tersebut tentu untuk menarik minat pembaca terutama para mahasiswa dan pelajar. Kita ketahui bahwa anak-anak lebih cenderung mengakses media sosial dibanding dengan yang berkaitan dengan pelajaran. Begitu banyak kemudahan yang didapat berkat hadirnya digitalisasi dalam berbagai bidang, bahkan istilah dunia dalam genggaman itu pun benar adanya. Dimana hanya dengan telepon genggam, kita dapat mengakses segala hal,"kata Romif Erwinadi. Senin (27/11/23).

Untuk itu, ia meminta kepada Para dosen dan guru agar lebih gencar memberikan motivasi gemar membaca serta mengawasi anak didiknya agar tidak berbuat hal-hal yang tidak diinginkan.


"Buku adalah jendela dunia. Istilah tersebut sering kita dengar sejak dulu kala. Makna tersebut menggambarkan betapa pentingnya buku karena memberikan banyak pengetahuan. Dari tak tahu menjadi tahu, itulah gambaran keberadaan buku sebagai sumber ilmu," jelasnya.

Sementara itu, Tim manajer Departemen CSR Kideco jaya Agung, Suryanto menyampaikan dengan hadirnya seluruh ketua Sekolah Tinggi dan juga mahasiswa di Kabupaten Paser menunjukkan bahwa Masyarakat Kabupaten Paser juga memiliki antusias tinggi untuk mengembangkan literasi.



"Masyarakat kabupaten Paser pada dasarnya memiliki antusias tinggi untuk mengembangkan literasi, semoga dengan momen peresmian gerakan literasi ini mampu meningkatkan lagi semangat masyarakat melalui kalangan akademisi bisa lebih meningkat," ucap Suryanto.

Gerakan literasi juga didukung oleh Pemerintah Kabupaten paser dan juga Bunda Literasi. Disisi ini juga hadir PT Kideco Jaya Agung yang telah menjalankan gerakan literasi melalui program Perpustakaan Keliling.


"Dengan program perpustakaan keliling yang sudah dijalankan, kami merasa masih belum cukup, maka dari itu kami mencoba bergerak ke lingkungan akademisi mahasiswa, semoga mahasiswa mampu menjadi leader gerakan literasi ini," harapnya mengakhiri. (Prokopim)


Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.4663 detik dengan memori 14.58MB.