Berita:Pemkab Paser Lakukan Pertemuan Dengan Unhas Sebagai Tindak Lanjut MoU

Siaran Pers

MAKASAR - Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat ( Pemkes) Ir H. Romif Erwinadi, M.Si mewakili Bupati Paser menghadiri pertemuan dalam rangka tindak lanjut Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Paser dan Universitas Hasanuddin tentang Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui Pendidikan Pelatihan dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Ruang Rapat A, Lantai 4 Gedung Rektorat, Kampus Unhas Tamalanrea, Jumat (01/12/23).


Dalam pertemuan tersebut Asisten Pemkes Romif Erwinadi didampingi Asisten Perekonomian  dan Pembangunan ( Ekbang) Adi MaulanaS.Sos, M.Si, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Jon Jauhari, Kabag Perekonomian Paulus Margita & Bagian Kerjasama setda Paser.


Rombongan Pemkab Paser disambut dan diterima langsung oleh Sekretaris Universitas Hasanuddin Prof. Ir. Sumbangan Baja, M.Phill., Ph.D  serta Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis Prof. Dr. Eng. Adi Maulana, S.T., M.Phil, Sekretaris LPPM Prof. Ir. Suharman Hamzah, ST., MT., Ph.D Eng, HSE,dan perwakilan fakultas.

Dalam pidatonya Asisten Pemkes Romif Erwinadi menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan Unhas. Dirinya mengatakan, kunjungan tersebut dalam rangka membahas lebih jauh berkaitan dengan penandatanganan MoU yang telah dilakukan sebelumnya bersama Unhas. Romif menuturkan terkait kerjasama menurut undang-undang daerah Kabupaten Paser untuk mengembangkan wilayahnya membutuhkan mitra kerja, yaitu mitra kerja dengan daerah perbatasan atau mitra kerja dengan pihak ketiga bahkan pihak-pihak lain.


“Dengan demikian keinginan dari pihak Unhas sangat kita sambut baik dan akan dikoordinasikan ke pihak Bappedalitbang untuk menindaklanjuti MoU “ jelas Romif.

Lebih lanjut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat setda Paser tersebut mengatakan kehadiran Unhas dengan berbagai capaian dan sumber daya yang dimiliki akan memberikan dampak positif terhadap pembangunan di Kabupaten Paser.



Romif juga banyak memberikan gambaran tentang tantangan yang dihadapi Pemkab Paser saat ini serta beberapa program penguatan yang akan dilakukan salah satunya dengan optimalisasi UMKM di daerah setempat.

Sementara itu Prof Sumbangan mengatakan Unhas secara berkelanjutan terus membuka peluang kemitraan dengan berbagai pihak termasuk pemerintah daerah Kabupaten Paser, dengan harapan keterlibatan Unhas akan memberikan manfaat kepada masyarakat melalui ketersedian sumber daya manusia berkualitas yang dimiliki.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Eng. Adi menambahkan bahwa sebagai perguruan tinggi, membangun kemitraan bersama pemerintah daerah penting dilakukan. Dirinya menekankan pentingnya kerja sama antara perguruan tinggi dan pemerintah daerah dalam memajukan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.


“Tentu kami siap membangun kolaborasi bersama Pemkab Paser. Paser merupakan wilayah yang paling dekat dengan IKN, sehingga merupakan mitra strategis untuk bersama- sama berkontribusi dalam IKN melalui implementasi kerja sama yang terarah, termasuk mendukung pengembangan daerah  Paser,” jelas Prof Eng.Adi.

Sedangkan Asisten Ekbang Adi Maulana menjelaskan Pemkab Paser sebenarnya sudah lama mempunyai kedekatan dengan Unhas itu dibuktikan banyak alumni Unhas yang berada di Paser contohnya saja sebagian besar Dokter Spesialis RSUD Panglima sebaya adalah alumni Unhas dan masih banyak lagi di seputar perangkat daerah lain yang ada di Kabupaten Paser.

“Oleh karenanya kemungkinan besar Paser dan Unhas akan terjalin Kerjasama yang intens sebagai mitra kerja sama strategis” jelas Adi Maulana.

Dari hasil pemikiran ini Asisten Ekbang Adi Maulana menyampaikan atas arahan pimpinan kebijakan daerah ini diharapkan berbasis penelitian yang berkolaborasi dengan kajian kearifan lokal.


“untuk mempersiapkan penyangga IKN nantinya banyak hal akan di bahas dan didiskusikan Pemkab Paser untuk kerja sama tentang pengembangan Pariwisata, Pertambangan, Pendidikan, Perkebunan, Perternakan, Pangan dan Bahan Pokok lainnya”,  tegas Asisten Ekbang Adi Maulana (Prokopim)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 1.9561 detik dengan memori 10.48MB.