Berita:Dukung Program Pemerintah Pusat, Asisten Pemkes Hadiri Launching Desa Anti Korupsi Tahun 2023

Siaran Pers

PENAJAM PASER UTARA -  Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat , Ir. H. Romif Erwinadi mewakili Bupati Paser menghadiri launching Desa Anti Korupsi Tahun 2023 yang dilaksanakan di Desa Tengin Baru , Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Selasa (28/11/2023).


Desa anti korupsi telah berjalan selama 3 tahun yaitu dimulai dari  2021 hingga 2023 dan pada Tahun 2023 terdapat 22 desa yang ada di Indonesia yang menjadi desa percontohan anti korupsi. Harus disadari bahwa pencegahan korupsi bukan hanya tugas yang menjadi tanggung jawab pemerintah akan tetapi juga peran aktif masyarakat tingkat desa.  Adapun penilaian dan evaluasi desa anti korupsi dilakukan terhadap lima aspek yaitu penguatan tata Kelola, penguatan pengawasan, penguatan pelayanan publik, peran masyarakat dan kearifan lokal.


Dengan adanya launching desa anti korupsi diharapkan pencegahan korupsi akan menjadi lebih massive karena dimulai dari tingkat desa. “ Pemerintah Kabupaten Paser siap mendukung program Pemerintah Pusat yakni launching Desa Anti Korupsi dalam rangka pencegahan korupsi,”kata Romif. Menurutnya hal tersebut merupakan upaya meningkatkan peran serta masyarakat dalam memberantas tindak korupsi dan pentingnya nilai – nilai integritas untuk mencegah korupsi.


Launching Desa Anti Korupsi dilakukan oleh Deputi Pendididkan dan Peran Serta Masyarakat KPK RI Wawan Wardiana, serta dihadiri oleh perwakilan dari Kementrian Dalam Negeri RI, Kementrian Keuangan RI, Kementrian Desa PDTT RI, Bupati/ Walikota se Indonesia, Seketaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur serta Unsur Forkopimda se Kalimantan Timur. (Prokopim)

 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.6445 detik dengan memori 4.12MB.