Berita:Dukung Optimalisasi Layanan Masyarakat Desa, Pemkab Serahkan Kendaraan Operasional

Siaran Pers

Tana Paser - Saat apel Gabungan Korpri di Halaman Kantor Bupati, senin (18/12/23), Bupati Paser dr Fahmi Fadli mengatakan bahwa selain menata ibukota, Pemerintah Kabupaten Paser juga memberikan perhatian yang besar bagi pembangunan di desa. Ada pembangunan infrastruktur jalan dilakukan secara masif, ada juga bantuan berupa penguatan kepada aparatur pemerintahan desa agar bisa lebih optimal lagi dalam memberikan pelayanan kepada warganya.

Ia menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Paser mengabulkan permohonan dari Asosiasi Kepala Desa Seluruh Indonesia atau Apdesi Kabupaten Paser, agar masing-masing desa bisa mendapatkan kendaraan operasional berupa mobil untuk dipergunakan dalam tugas keseharian membangun desa dan melayani masyarakat. “Kendaraan yang diberikan ini merupakan aset Pemerintah Kecamatan, sifatnya pinjam pakai, dan diberikan secara bertahap”, tegas Fahmi.

Untuk diketahui, pada tahun ini, ada 15 desa yang mendapatkan mobil operasional. Sisanya akan diberikan pada tahun depan. Pembagian ini didasarkan pada ketersediaan dana yang ada di APBD Kabupaten Paser, di mana pada tahun ini hanya mampu untuk mengadakan mobil operasional sebanyak 15 unit.

Sebagai mobil operasional desa, kendaraan ini juga dapat dimanfaatkan berbagai kepentingan masyarakat desa.  Misalnya bisa berfungsi sebagai transportasi warga jika membutuhkan layanan kesehatan atau urusan di ibukota kabupaten. Kendaraan status pinjam pakai ini antara Kecamatan dan Kepala Desa karena merupakan aset kecamatan sehingga fasilitas ini dipastikan bukan kendaraan jabatan  Kades. Selain itu, pertimbangan memilih kendaraan tersebut dengan selain memberi penghargaan dan kendaraan yang layak, mengingat kondisi jalan pedesaan sebagian besar dalam kondisi baik.

Untuk diketahui, pada tahun 2012, Pemkab Paser pernah memberikan kendaraan operasional bagi 139 desa. Durasi waktu 10 tahun sebagian besar kendaraan tersebut sudah tidak dapat digunakan maksimal. Bahkan diantaranya sudah tidak dapat digunakan lagi.

Seorang ASN yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan turut senang atas pemberian kendaraan operasional tersebut. “Agar kita dapat bekerja optimal, fasilitas juga dapat mempengaruhi. Jika Pemkab sudah memberikan fasilitas, maka sudah tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak bekerja karena tidak punya sarana”, katanya. “Mengingat Kabupaten Paser sebagai daerah penyangga dan mitra strategis IKN, sudah seharusnya desa-desa turut bergerak maju”, imbuhnya.


Diwaktu yang sama, selain Bantuan Kendaraan Roda  Empat,  secara bertahap kepada Kepala Desa Se-Kabupaten Paser yang diterima secara simbolis oleh  Ketua Apdesi Kabupaten Paser Muhammad Nasri juga penyerahan bibit pohon dalam rangka HUT ke 52 KORPRI di Kabupaten Paser, Korps Pegawai Negeri Sipil bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan seluruh Perangkat Daerah Se Kabupaten Paser akan melaksanakan kegiatan penanaman pohon.  Tujuannya untuk menyelamatkan lahan-lahan yang gundul. Gerakan ini dimulai dengan penyerahan secara simbolis kepada dua Kepala Perangkat Daerah Yaitu Kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kepala BKPSDM Kab Paser. Dilanjutkan penyerahan tali asih kepada Ruslan Meriaty Silaban (SDN 014 Tanah Grogot), Bastiah (Badan Penanggulangan Bencana) dan Suyono (SMP N 4 Tanah Grogot). (Prokopim)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.3286 detik dengan memori 3.18MB.