Berita:Bupati Paser Berangkatkan 243 Calhaj Paser

Siaran Pers

TANA PASER-Bupati Paser dr. Fahmi Fadli secara langsung memberangkatkan Calon Jemaah Haji (Calhaj) asal Kabupaten Paser. Secara simbolis kegiatan tersebiut dilakanakan di Gedung Awa Mangkuruku, Senin (27/5/2024).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Fahmi berpesan kepada 243 Calhaj Kabupaten Paser. Untuk senantiasa menjaga kesehatan serta menjaga naman baik Indonesia, terutama Kabupaten Paser.


"Perbedaan cuaca di Kabupaten Paser di Tanah Suci Mekah, tentu akan berdampak pada kondisi kesehatan para jamaah, untuk itu kami tekankan kepada seluruh Jamaah untuk selalu menjaga Kesehatan," kata Bupati.

Kabupaten Paser, semulanya memiliki Calhaj sebanyak 246 orang. Namun Tiga Calhaj mengajukan mutasi melalui Provinsi Kalimantan Selatan dan satu lagi jamaah sakit sehingga untuk saat ini keberangkatan Calhaj asal Kabupaten Paser sebanyak 243 orang.


"Alhamdulillah pada Tahun 2024 ini, sebanyak 243 jemaah calon haji asal Kabupaten Paser akan diberangkatkan untuk menunaikan ibadah haji, jumlah tersebut sudah termasuk kuota tambahan sebanyak 19 kuota dari tahun lalu," jelasnya.

Ia berharap kuota yang saat ini dimiliki Kabupaten Paser bisa terus mengalami peningkatan,sebab masih banyak warga Kabupaten Paser yang terus mendaftar sebagai calon haji.

"Tidak ada yang menginginkan kuota tersebut tidak bertambah, termasuk juga kami dari Pemerintah Kabupaten Paser, tentu kami sangat berharap agar kuota tersebut bisa terus mengalami peningkatan," harap Bupati.


Harapan tersebut juga sesuai dengan Visi Kabupoaten Paser. Yakni, Paser Mas (Maju, Adil dan Sejahtera). tidak hanya pada sisi jumlah kuota yang mengalami penambahan, namun juga ia mengharapkan pada sektor pelayanan calon jemaah haji juga mengalami peningkatan.

"Penting sekali untuk meningkatkan pelayanan haji, dengan memberikan pelayanan secara adil dan merata, sehingga pelaksanaan haji oleh seluruh Calhaj bisa terlaksana dengan khusyuk," terangnya.

Selanjutnya, Bupati Paser dr. Fahmi  Fadlin meminta kepada seluruh warga Kabupaten Paser untuk mendoakan seluruh Calhaj agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan selalu diberikan keselamatan.

"Mari doakan saudara kita yang akan berangkat menunaikan ibadah haji, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT," ajaknya.

Ia juga meminta untuk senantiasa menaati aturan yang berlaku, selalu disiplin waktu, kompak dan saling peduli satu sama lain dengan seluruh rombongan jemaah lainnya, selalu koordinasi dengan pendamping dan petugas.

"Terpenting adalah jika ada hal-hal mendesak agar segera berkomunikasi dan berkoordinasi dengan petugas pendamping," urai Bupati.

selanjutnya ia juga berpesan kepada seluruh Jamaah, untuk mendoakan agar Kabupaten Paser tetap dalam kondisi yang kondusif. Mengingat Kabupaten Paser pada November mendatang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

"Mohon doa dari para jemaah haji juga untuk kedamaian dan kondusifitas di tanah air khususnya Kabupaten Paser yang akan melangsungkan Pemilihan Kepala Daerah di akhir November tahun ini," pintanya.

Kepada petugas pendamping jamaah haji, untuk senantiasa selalu mendampingi seluruh jamaah dengan baik. mengingat jamaah haji aslah Kabupaten Paser juga terdapat 23 persen Jamaah yang merupakan lanjut usia (lansia). Dengan usia jamaah tertua yakni berusia 84 tahun dan jamaah dengan usia termuda berusia 19 tahun.


"Perlu perhatian khusus pada jamaah yang lansia, saudara memikul beban di pundak dalam menjaga dan melindungi para jemaah selama ibadah berlangsung hingga kembali ke tanah air, selalu cepat tanggap dan responsif dalam menangani semua jemaah terutama yang membutuhkan bantuan, apalagi diketahui bahwa kebanyakan dari jemaah sudah berusia lanjut," jelas Bupati.

Diakhir penyampaiannya, dr.  Fahmi Fadli mengapresiasi jajaran Kementerian Agama Kabupaten Paser beserta seluruh pihak yang terlibat dalam memberikan pelayanan haji, mulai dari pendaftaran, pembinaan, pengurusan administrasi, transportasi dan akomodasi.

"Semoga pelayanan yang diberikan semakin meningkat, apalagi telah ditunjang dengan gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu yang baru diresmikan tahun lalu," pungkasnya. (Prokopim)


Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 4.0356 detik dengan memori 5.37MB.