Berita:Bupati Jawab Semua Pertanyaan Fraksi DPRD

Siaran Pers

Tana Paser – Bupati paser dr Fahmi Fadli memberikan jawaban secara jelas terhadap pertanyaan para anggota DPRD Kabupaten Paser terkait kebijakan dan penggunaan dana APBD Kabupaten Paser. Jawaban tersebut terangkum dalam pidato yang dibacakan Bupati usai mendengarkan pemandangan umum masing-masing fraksi.

Ada 6 fraksi yang membacakan pemandangan umum, yaitu Fraksi FKB, Demokrat, Golkar, Nasdem, PDIP dan Indonesia Raya Sejahtera. Beberapa di antaranya dikemukakan di bawah ini.

Terkait beberapa sekolah yang membebankan biaya pendidikan kepada orang tua, Bupati menjelaskan bahwa untuk pembelian buku yang masih terjadi pada beberapa sekolah, dan akan dilakukan monitoring dan pengawasan ke sekolah tersebut, karena sebenarnya sekolah-sekolah sudah diarahkan untuk menganggarkan 5?ri anggaran BOS untuk pembelian buku.

Lalu penggunaan SiLPA 2022 yang didapat dari hasil pemeriksaan audit BPK-RI, strategi Pemerintah adalah SiLPA diarahkan untuk membiayai program-program prioritas Pemerintah Daerah Kabupaten Paser, seperti pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan serta sektor-sektor yang menjadi tematik pembangunan 2023, seperti pengembangan industri olahan, terutama yang berbasis UMKM dan juga sektor pertanian yang diharapkan dapat menjadi pendukung dan pemasok bahan baku bagi industri-industri olahan berbasis pangan.

Selanjutnya untuk angka kemiskinan yang tergolong tinggi yatu 9.43 di tahun 2022, Bupati menyebut angka ini disebabkan 3 faktor yaitu Keterisolasian sebagai dampak dari kondisi topografi dan aksesibilitas, Kerentanan dari akses layanan dasar, dan Ketidakberdayaan dari kondisi perekonomian dan ketenagakerjaan. (Prokopim)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.4786 detik dengan memori 0.69MB.