Berita:Bupati Ingin LAP Sebagai Wadah Pelestarian Budaya Paser

Siaran Pers

TANA PASER-Bupati Paser, dr. Fahmi Fadli menerima kunjungan dari Lembaga Adat Paser (LAP) di Ruang Kerja Bupati. Senin, (27/05/2024).


Dalam silaturahmi ini ada poin yang disampaikan Bupati, yaitu ia ingin LAP menjadi wadah untuk pelestarian Budaya Paser "sebelumnya kami ucapkan selamat kepada pengurus baru LAP, dalam kesempatan ini kami ingin LAP menjadi wadah untuk melestarikan dan merawat Budaya Paser karena kami tidak ingin budaya asli Paser hilang tergerus oleh zaman" ungkapnya.

Selain itu, Bupati juga berpesan kepada Ketua dan Pengurus LAP yang baru agar membenahi struktur dan badan hukum dari LAP. Orang nomor satu di Kabupaten Paser tersebut sangat mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan oleh LAP, "kami mendukung penuh kegiatan yang bersifat melestarikan budaya paser ini, seperti kegiatan Melas Taon, Belian dan kami juga akan membantu memperbaiki Rumah Adat Paser yang beberapa waktu lalu sudah kami lakukan peninjauan. Kami juga berharap setiap acara formal maupun non formal dapat menonjolkan kebudayaan Paser seperti di kota-kota lain yang kebudayaannya sangat terjaga",lanjutnya.


Bupati berharap budaya asli paser dapat dilestarikan dengan baik melalui informasi yang digali dari para tetua adat. Agar tidak terjadi selisih paham tentang Budaya Paser.