Berita:Bupati Hadiri dan Buka Forum Konsultasi Publik Sebagai Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Ranwal RKPD) Kabupaten Paser Tahun 2024

Siaran Pers

Tana Paser – Forum Konsultasi Publik merupakan agenda dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2024. Hal ini sebagaimana amanat pasal 79 Permendagri 86 Tahun 2017 bahwa Rancangan Awal RKPD dibahas bersama dengan Kepala Daerah dan Pemangku Kepentingan untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan. 

Bupati Paser dr, Fahmi Fadli menghadiri sekaligus membuka Forum Konsultasi Publik sebagai Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Paser Tahun 2024 di Pendopo Lou Bapekat Jl. Kusuma Bangsa Tanah Grogot, Selasa (24/1/2023). Dalam sambutannya Bupati Paser mengatakan bahwa forum tersebut sangat penting karena menyangkut komitmen bersama dalam menjaga dan menerapkan 4 (empat) pendekatan perencanaan yaitu pendekatan teknokratik, pendekatan politik, partisipatif, dan pendekatan top down dan bottom up dalam mewujudkan satu cita –cita yaitu masyarakat Paser yang Maju, Adil dan Sejahtera. 

" Tujuan pembangunan adalah menciptakan kesejahteraan merata bagi penduduk. Keterbatasan sumber daya dan akses terhadap kegiatan ekonomi dapat menjadi pemicu terjadinya pengangguran, kemiskinan ekstrem, stunting dan sejumlah pesoalan sosial lainnya," kata Bupati.

Bupati Fahmi juga mengatakan bahwa pemerataan pembangunan menjadi hal mutlak yang harus dilakukan agar seluruh masyarakat Kabupaten Paser memiliki kualitas hidup yang baik. “ Untuk itu permasalahan ini diangkat menjadi tema pembangunan pada tahun 2024 yakni pemerataan pembangunan untuk menciptakan kesejahteraan yang merata di seluruh Kabupaten, “ tambahnya. 

Diakhir sambutannya Bupati Fahmi mengatakan bahwa diperlukan sinergi dengan konsep penthahelix atau multi pihak. Dalam hal ini pemerintah menyadari  pelibatan unsur non pemerintah baik masyarakat, pelaku usaha, akademisi maupun media sangat penting dalam menciptakan perencanaan pembangunan yang berkualitas. 

Setelah dibuka oleh Bupati Paser kegiatan tersebut dilanjutkan dengan diskusi  secara daring yang dipimpin oleh moderator Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana, S.Sos, M.Si dengan nara sumber yaitu Koordinator Perencanaan dan Evaluasi Wilayah III Direktorat PEIPD Ditjen Bina Bangda Kemendagri Wisnu Hidayat S.E, M.Si dan Guru Besar Pertanian Universitas Mulawarman Prof. Dr.Ir.H,M Aswin, M.M. Setelah diskusi  berakhir acara  dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan bersama dari para peserta forum yang disaksikan oleh Bupati Paser . Acara diakhiri dengan foto bersama. 

Turut hadir secara offline Wakil Bupati Paser, Hj. Syarifah Masitah Asssegaf, S.H, Ketua DPRD, Hendra Wahyudi, S.T,  Seketaris Daerah, Drs. Katsul Wijaya, M.Si, Para Staf Ahli Bupati, Asisten Perekonomian dan Pembangunan  Adi Maulana, S.Sos, M.Si, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Paser, perwakilan dari Bankaltimtara, perwakilan dari Universitas Muhammadiyah, Perwakilan dari Perumda Tirta Kandilo, dan perwakilan dari Gerakan Organisasi Wanita (GOW). (Prokopim)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1708 detik dengan memori 0.95MB.