Berita:Bumdes dan Posyantekdes Bisa Datangkan Income Desa

Siaran Pers

Muser - "Sudah saatnya pembangunan desa tidak hanya terfokus pada infrastuktur akan tetapi juga memperhatikan pemberdayaan ekonomi produktif masyarakat. Dana yang yang telah di transfer ke desa baik dari APBN maupun Alokasi Dana Desa (ADD) dari pemerintah daerah, sebaiknya dapat dimaksimalkan untuk mendatangkan income (pendapatan) ke Desa. salah satunya melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan Posyantek Desa (Posyantekdes)" ujar Wakil Bupati Paser Hj Syarifah Masitah Assegaf saat membuka Gelar Teknologi Tepat Guna dan Pameran Produk Unggulan Khas Desa Kabupaten Paser, di Desa Muser Kecamatan Muara Samu (Rabu, 22/09).
Lebih lanjut Masitah mengatakan bahwa Kabupaten Paser mempunyai potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang melimpah dimana peran TTG sangat diperlukan dalam upaya pemanfaatan sumber daya tersebut secara arif, berkelanjutan serta  ramah lingkungan.
Namun ada faktor-faktor tertentu, seperti kesenjangan akses informasi, keterbatasan modal, dan kendala geografis, maka proses alih teknologi khususnya Teknologi Tepat Guna (TTG) kepada masyarakat diperlukan campur tangan pemerintah untuk percepatannya. "Campur tangan pemerintah antara lain dengan melaksanakan Lomba Kreasi dan Inovasi Teknologi Tepat Guna", tandasnya.
Kemudian diadakan lomba-lomba juga merupakan salah satu bentuk upaya Pemerintah dalam kegiatan pemasyarakatan TTG dalam upaya mengomunikasikan dan mempercepat penerapan dan pemanfaatan TTG oleh masyarakat khususnya masyarakat desa untuk mendukung dalam pengelolaan sumber daya alam di desa.
Masitah mengapresiasi dan bangga atas kemenangan Ali Maulana ditingkat nasional. Ia berharap kegiatan TTG ini menghasilkan motivator- motivator Pusyantekdes dan TTG unggulan desa yang akan bermanfaat bagi masyarakat.
Perlu diketahui,  Posyantek Desa Uko menyabet juara harapan unggulan dalam  ajang TTG Tingkat Nasional ke XXII Tahun 2021  yang digelar Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi di Jakarta, pada  Senin 20 September lalu.
Dalam even inovasi teknologi tingkat nasional tersebut, wakil Paser Ali Maulana berhasil memperlihatkan inovasi teknologi alat Jemur Efek Rumah Kaca (AJERK), inovasi dari Posyantek Desa Uko, Kecamatan Muara Komam. (Humas).

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1595 detik dengan memori 0.96MB.