Berita:Beri Inovasi Terbaik untuk Daerah, Sejumlah Perangkat Daerah di Paser Dianugerahi Penghargaan

Siaran Pers

TANA PASER - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser memberikan penghargaan terhadap sejumlah inovator terbaik yang ada di Kabupaten Paser. 

Para inovator tersebut sebelumnya telah mengikuti lomba inovasi daerah yang diselenggarakan oleh Bappedalitbang Paser, dan diberikan penghargaan hari ini melalui Penganugerahan Inovasi Daerah Tahun 2023, yang berlangsung di Ruang Sadurengas, Sekretariat Daerah Pemkab Paser, Senin (27/11/2023). 


Bupati Paser Fahmi Fadli melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Paser Adi Maulana menyampaikan, inovasi diperlukan dalam meningkatkan daya saing daerah. 

"Sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat, disamping itu pada dasarnya juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari reformasi birokrasi," terang Adi membacakan sambutan Bupati Paser Fahmi Fadli. 


Reformasi birokrasi, dilaksanakan guna memperbaiki penyakit-penyakit di sektor publik melalui inovasi pada area sasaran penting dalam roda pemerintahan. 

"Seperti pengentasan kemiskinan, penurunan stunting, inflasi dan investasi,  reformasi birokrasi, tata laksana, peraturan perundang-undangan, SDM aparatur, pengawasan, akuntabilitas, pelayanan publik, dan mindset serta cultural set aparatur," ulasnya. 

Dijelaskan, sebagau salah satu mitra strategis Ibu Kota Nusantara (IKN) Kabupaten Paser tentunya harus melakukan inovasi dan invensi dengan tujuan meningkatkan daya saing daerah, serta meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan daerah. 


Selain itu, juga dianggap perlu meningkatkan pemberdayaan dan peran serta masyarakat dalam pembangunan daerah, dan meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat. 

"Paser sesungguhnya daerah yang kaya akan sumber daya alam, dan memiliki keragaman budaya yang merupakan keunggulan komparatif yang harus kita kejar dengan keunggulan kompetitif di bidang SDM. Sehingga kedepannya, mampu mengelola sumber daya alam tersebut guna kemakmuran masyarakat Kabupaten Paser di masa mendatang," ulas Adi. 


Pemkab Paser juga telah bertekad di masa yang akan datang, semua pihak berkompeten dapat semakin berpacu mengambil peran sentral menyiapkan SDM yang kreatif dan inovatif di Kabupaten Paser. 

Sebagaimana tema yang diusung dalam Penganugerahan Inovasi Daerah saat ini yaitu, Inovasi Daerah Menuju Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera). 

"Melalui penganugerahan ini diharapkan dapat merangsang aksi kreatif dan inovatif perangkat daerah, para ASN dan masyarakat Paser untuk terus mendorong mewujudkan Paser yang Maju Adil dan Sejahtera (MAS)," ungkapnya. 


Diungkapkan, istilah inovasi dinilai mudah untuk diucapkan namun sulit dilakukan. Hal itu terbukti sejak tahun 2019 hingga tahun 2023 tidak semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Paser melaksanakan inovasi dalam meningkatkan kinerjanya. 

Sejauh ini, baru 11 OPD atau 27 persen yang melakukan inovasi. Padahal inovasi dinilai sangat penting dilaksanakan, agar organisasi mampu bertahan dan mampu mengikuti tuntutan masyarakat, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengakselerasi revolusi sosial 5.0. (five point O). 



"Inovasi harus dilakukan oleh organisasi agar tetap mampu mengikuti tuntutan jaman, sehingga diharapkan perangkat daerah di lingkungan Pemkab Paser terus melakukan inovasi-inovasi agar Paser MAS segera terwujud," ungka Adi. 

Mewakili Bupati Paser, Adi menyampaikan terimakasihnya atas kerja keras semua pihak utamanya pada para pemenang baik dari perangkat daerah, sekolah maupun perorangan. 

Ia juga mengajak semua pihak untuk saling bersinergi dan mendukung Paser MAS melalui inovasi-inovasi yang diciptakan, dan melalui penganugerahan inovasi daerah ini diharapkan menjadi motivasi bagi OPD lainnya. 




"Semoga inovasi yang dihasilkan dapat bermanfaat dan mempercepat terwujudnya Paser MAS, mari saling mendukung dan bersinergi untuk Paser yang maju, adil dan sejahtera," tutup Adi. 

Adapun yang yang memperoleh juara dan diganjar penghargaan dalam Penganugerahan Inovasi Daerah dari berbagai kategori diantaranya: 

A.  Kategori Perangkat Daerah Paling Inovatif  Tahun 2023 

1. SMP N 02 Tanah Grogot, Juara I

2. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser, Juara II

3. Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Persandian Kabupaten Paser, Juara III

4. RSUD Panglima Sebaya Kabupaten Paser,

Juara Harapan I 

B. Kategori Inovasi Produk Unggulan daerah (PUD) 

1.Pengembangan Ecoprint Dan Pewarnaan AlamTanaman Asli Kabupaten Paser, dengan inovator Tatik Indawati dan Asih Tri Kurniasih, Juara I

2. Daur ulang Sampah Plastic, dengan inovator Parining, Juara II

3. Briket, dengan inovator Muhammad Rifai Rodi, Juara III 

C. Kategori Inovasi Perangkat daerah Tahap Uji Coba 

1. Kober Gowo, Bappedalitbang Kabupaten Paser dengan inovator Sujono Cipto Trisno,

Juara I

2. Saung Rangkai, SMP N 02 Tanah Grogot dengan inovotor Sumayah, Juara II

3.Finall Project II, SMP N 02 Tanah Grogot dengan inovator Mita Rianawati, Juara III

4. Pembentukan Kader dan Duta Literasi

SMP N 02 Tanah Grogot, dengan inovator Sahlan Maulana Rozak Ghozali Putra, Juara Harapan I. 

D. Kategori Inovasi Perangkat daerah Tahap Penerapan 

1. E-Buen, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser, dengan inovator Moh. Nor Shobari, Juara I

2.Cakram Defendency and Fall Risk

RSUD Panglima Sebaya Kabuoaten Paser, dengan inovator Perawat RSUD Panglima Sebaya, Juara II

3. VPN Kominfo Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Persandian Kab. Paser, dengan inovator Mulyadi, Juara III

4. Si Erai, RSUD Panglima Sebaya Kabupaten Paser, dengan inovator Safiuddin Rachman, Juara Harapan I. (Prokopim)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.6472 detik dengan memori 4.94MB.