Berita:Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar

Siaran Pers

TANA PASER - Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar merupakan tema Hari Pendidikan  Nasional  Tahun 2024. Pemerintah Kabupaten Paser melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 di Halaman Kantor Bupati Paser,Kamis (02/04/2024)


Upacara dipimpin Seketaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser Drs.Katsul Wijaya ,M.Si dan dihadiri oleh Forkopimda, para Kepala Perangkat  Daerah,para guru dan pegiat pendidikan serta para pelajar.

Dalam sambutan Mendikbudristek yang dibacakan Sekda dijelaskan bahwa menjadi pemimpin gerakan merdeka belajar semakin menyadarkan  tentang tantangan dan kesempatan yang dimiliki untuk memajukan Pendidikan Indonesia.

"Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar, bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Pada awal perjalanan, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan" kata Sekda melalui sambutan Menteri yang dibacakannya.


Selain itu pada Sambutan Menteri dijelaskan pula dampak yang ditimbulkan ketika pandemi COVID 19 mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup secara drastis. Pada saat yang sama , pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan. Dengan bergotong royong  berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat.

"Ombak kencang dan karang tinggi sudah kita lewati bersama . Kini kita sudah mulai merasakan perubahan terjadi disekitar kita, digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serempak dan serentak. Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar," tambahnya.

Melalui sambutan Mendikbudristek disampaikan lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan Merdeka Belajar dan juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh, "kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai," tandasnya.


Di akhir sambutan  Sekda mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional, "mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar,” tutupnya.

Pada kesempatan berbeda dalam wawancara Sekda Katsul mengatakan terkait dengan momen hari Pendidikan Nasional beberapa langkah mengatasi keterpurukan akibat Pandemi COVID 19 dalam bidang pendidikan telah dilakukan,  "spirit pasca pandemi COVID 19 dimana sektor pendidikan sempat tertahan dan terkhusus di Kabupaten Paser Pemerintah telah menyiapkan dukungan sarana dan prasarana salah satunya seperti 1 guru 1 laptop dan juga secara bertahap dilakukan perbaikan sarana belajar baik berupa rehab dan pembangunan gedung sekolah baru, kemudian Pemerintah juga melakukan kerjasama untuk meningkatkan SDM karena sektor pendidikan ini juga masuk dalam program prioritas Bupati Paser”, pungkasnya. (Prokopim)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.3010 detik dengan memori 15.62MB.