Berita:Ikuti Forum Koordinasi Kemenlu RI, Wabup Masitah : Ada Potensi Kerjasama Strategis Pemda, Pusat dan Luar Negeri

Siaran Pers

Balikpapan - Wakil Bupati Paser Hj Syarifah Masitah Assegaf ikuti kegiatan Forum Koordinasi Kementerian Luar Negeri dengan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah. Bertempat di Novotel Balikpapan (11/10/2022). Pada kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 11-13 Oktober 2022 ini Wabup Masitah didampingi Staf Ahli Bidang Pemerintahan, hukum dan Politik Amiruddin.

Kegiatan juga dihadiri Gubernur Kaltim Isran Noor ini dibuka Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementerian Luar Negeri Cecep Herawan.

Forum ini bertujuan untuk menyatukan langkah penguatan koordinasi dalam rangka menyamakan pandangan antar instansi agar membentuk kebijakan politik luar negeri yang senantiasa sejalan dengan prioritas nasional dan memperkuat korelasi Kebijakan dalam dengan kebijakan luar

negeri.

Menurut Wabup Masitah forum koordinasi Kemenlu ini sangat strategis karena membahas beberapa agenda penting diantaranya penguatan Integritas antara Pemerintah Daerah dengan Pusat serta hubungan kerjasama dengan luar negeri.

“Bagaimana kedepan pemerintah daerah bisa mempromosikan potensi daerahnya agar nantinya dapat bekerjasama dengan pihak luar negeri, baik itu masalah pangan maupun potensi lainnya yang ada di daerah kita,” papar Masitah. 

Selain itu lanjutnya, forum ini juga mensosialisasikan Peraturan Presiden  Nomor 116 Tahun 2022 Tentang Kementerian Luar Negeri dan Perkembangan Isu-isu Terkini  Politik Luar Negeri RI.

Pada kesempatan tersebut Wabup Masitah juga menyinggung terkait Pembangunan di Ibu Kota Negera (IKN) di Kaltim.

“Kedepan kita berharap dengan terbangunnya IKN, porsi dari pada anggaran ke daerah IKN ataupun penyangga IKN harus lebih di prioritaskan karena bagaimanapun untuk membangun kerjasama dengan pihak luar negeri itu memerlukan porsi anggaran yang cukup serta ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas,” pungkasnya. (Humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1512 detik dengan memori 0.94MB.