Berita:Warga Desa Harapan Baru Gembira, Dapat Jalan Darat Walau di atas Lahan CA

Siaran Pers

Tana Paser – Warga Desa Air Mati atau Harapan Baru senang dan bersyukur karena jalan darat dari ibu kota Tana Paser menuju desa itu akan segera terwujud dalam waktu dekat. Jalan sepanjang 10 kilometer lebih dari simpang tiga Desa Muara Pasir tahun ini sudah dalam pekerjaan dan akan dilanjutkan secara bertahap pada tahun selanjutnya.

Bupati Paser dr Fahmi Fadli meninjau jalan menuju Harapan Baru, Senin (21/8) bersama Dinas PUTR dan sejumlah instansi terkait. Menurut informasi dari Kepala Dinas PUTR Hasanuddin, tahun ini dibangun jalan berupa clearing, stripping dan sub grade sepanjang 6 kilometer, dan sisanya akan dilanjutkan pada 2024. 

Untuk selanjutnya, pembangunan jalan ini akan tetap dilaksanakan secara bertahap di tahun-tahun berikutnya hingga nantinya akan bisa dilewati dengan lancar oleh semua jenis kendaraan.

Selama ini warga Desa Harapan Baru lewat transportasi air jika menuju ke ibukota Kabupaten, Tana Paser. Dan sepertinya mereka pun sudah mulai putus asa untuk mendapatkan akses jalan darat, karena wilayah pemukiman warga seluruhnya dikepung oleh status lahan sebagai kawasan Cagar Alam (CA).

Namun Pemkab Paser menemukan cara jitu untuk membangun jalan di atas lahan berstatus CA, yaitu melalui pola kerjasama dengan BKSDA. Dalam kunjungan inipun hadir Kepala BKSDA Provinsi Kalimantan Timur Matheas Ari Wibawanto.

Hanya saja, Bupati dr Fahmi mengatakan bahwa pembangunan jalan ini tidak mengubah status CA. “Kita mendapatkan izin dari BKSDA untuk membangun jalan disertai dengan beberapa persyaratan. Bukan berarti bahwa kita bisa bangun jalan, lalu di sisi kiri kanan warga dengan bebas membangun pemukiman,” kata Bupati tegas.

Dalam kesempatan ini Fahmi dan Ari secara bergiliran menyerahkan salinan dokumen MoU antara Pemkab Paser dengan BKSDA kepada Kepala Desa Harapan Baru (Kuaro) dan Kepala Desa Muara Pasir (Tanah Grogot). (Prokopim)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.2620 detik dengan memori 0.69MB.