Berita:Tingkatkan Produktivitas Sawit di Lahan Yang Sudah Ada

Siaran Pers

Tana Paser - Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya membuka Workshop Kemitraan Petani Kelapa Sawit Swadaya Kabupaten Paser di ruang Telake Seketariat Kabupaten Paser, Rabu (14/12/2022).

Rangkaian acara tersebut dihadiri perwakilan kepala Balai  BKSDA Provinsi Kaltim, Asisten Ekbang Adi Maulana, Kabag SDA Usma, Kadis Pertanian, Kadis PMD, Pimpinan Solidaritas Indonesia, Kesatuan Pengelola Hutan Telake & Kandilo, Perwakilan BUMDES Desa Tapis dan Desa Tepian Batang, Koordinator TAPM Kabupaten Paser, dan Ketua GAPKI cabang Kaltim, serta Perwakilan dari Kideco Jaya Agung.

Sekda Katsul Wijaya mengatakan bahwa pada acara ini dilaksanakan diskusi Perkebunan Kepala Sawit di Kabupaten Paser, diharapkan ada 2 (dua) poin yang sangat penting dalam diskusi ini yaitu mengurangi pembukaan hutan secara luas untuk perkebunan sawit dan tetap menjaga kondisi lingkungan sesuai dengan tata ruang.

" Dalam kegiatan perkebunan kelapa sawit ini melibatkan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat, bukan hanya pelaku langsung seperti petani sawit, tetapi masyarakat Kabupaten Paser secara luas untuk kesejahteraan masyarakat," ujar Katsul.

Selain itu Katsul Wijaya mengatakan yang paling utama adalah terkait dengan lingkungan jangan sampai pembukaan luas lahan dan mengabaikan lingkungan dan tata ruang, oleh karenanya diskusi kali ini memberikan solusi agar tidak terlalu luas membuka lahan akan tetapi meningkatkan produktivitasnya di lahan yang ada. 

"Lahan yang kita punya lebih luas dari Malaysia namun produktivitas mereka lebih tinggi sehingga sebaiknya tidak membuka lahan secara besar - besaran, dan oleh karena itu diskusi ini ada penyampaian program -program pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian khususnya kabupaten Paser, "ungkap Sekda. (Humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.5652 detik dengan memori 0.69MB.