Berita:Terbentuknya Bundesma Dapat Meningkatkan Kontribusi Bagi Desa

Siaran Pers

Tana Paser - Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa kabupaten Paser melakukan Rakor Badan Usaha Milik Desa Bersama LKD Kabupaten Paser tahun 2023 di  Gedung Pertemuan Awa Mangkuruku, Rabu (13/9).

Seketaris Daerah Drs.Katsul Wijaya, M.Si mewakili Bupati Paser menghadiri sekaligus membuka Rakor Badan Usaha Milik Desa. Turut hadir mendampingi Seketaris Daerah yaitu Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ir Romif Erwinadi, M.Si, Direktur Pengembangan Kelembagaan Ekonomi dan Investasi Desa,Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Drs Nugroho Setijo Nagoro, M.Si, Kadis PMD Chandra Irwanadhi, Kepala Bank Kaltimtara cabang Tanah Grogot Yudhi Susetya, para camat, para kades, para anggota BPD, dan BUMDES se kabupaten Paser. 

Adapun tema dari rakor ini adalah Optimalisasi Peran Badan Usaha Milik Desa Bersama dalam Pengelolaan Perekonomian Desa menuju Paser MAS.

Acara tersebut dirangkai dengan Penandatanganan Komitmen Bersama PMD  Paser dengan Bank Kaltimtara tentang Pengelolaan Keuangan Desa serta dilanjutkan Penandatanganan Perjanjian Bank Kaltimtara dengan Pemerintah Desa tentang Penyaluran Kredit Personal Loan perangkat Desa.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan Sekda Katsul Wijaya dikatakan  bahwa Paser telah terbentuk Sembilan Bumdesma LKD dari hasil transformasi pengelola dana eks PNPM Mandiri Pedesaan yang selama ini dikelola oleh Unit Pengelola Kegiatan (UPK) di masing-masing kecamatan yaitu Kecamatan Paser Belengkong, Kecamatan Batu Engau, Kecamatan Tanjung Harapan, Kecamatan Kuaro, Kecamatan Long Kali, Kecamatan Long Ikis, Kecamatan Batu Sopang, Kecamatan Muara Komam dan Kecamatan Muara Samu.

Proses transformasi berlangsung selama setahun dan di tahun 2022 akhirnya berdasarkan hasil Musyawarah Antar Desa sebanyak 124 Desa dari Sembilan kecamatan bersepakat membentuk Bumdesma.

“Dengan terbentuknya Bumdesma Kami berharap dalam pelaksanaannya akan semakin meningkatkan kontribusi yang baik kepada desa, terutama dalam hal peningkatan pendapatan asli desa, dan mendorong pertumbuhan ekonomi utamanya di bidang penyediaan lapangan kerja kepada lingkungan masyarakat di desa tersebut," jelas Sekda dalam sambutan Bupati yang dibacakannya.

Dikatakan pula dalam sambutan Bupati bahwa seluruh masyarakat desa agar membangun Bumdesma supaya terus berkembang serta memberdayakan ekonomi masyarakat di Bumi Daya Taka sehingga nantinya dapat memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi yang kuat, untuk Kabupaten Paser. (Prokopim)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 3.2756 detik dengan memori 0.69MB.