Berita:Sosialisasi Kebangsaan untuk Pemilih Pemula

Siaran Pers

Tana Paser - Dalam rangka menanamkan Internalisasi nilai - nilai Pancasila melalui keluarga dan lingkungan Hidup dalam Berbangsa dan Bernegara bagi generasi muda Badan Kesatuan  Bangsa dan Politik Kabupaten Paser melaksanakan kegiatan sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila Tahun 2023 di halaman SMK 1 Negeri Tanah Grogot, Senin (24/7/2023 ).

Kegiatan yang diawali dengan upacara dengan Pembina Upacara  Wakil Bupati Paser,Hj.Syarifah Masitah Assegaf.SH.  Dalam kesempatan tersebut Wabup Masitah menyampaikan amanat dan arahan kepada siswa dan siswi SMK 1 Negeri Tanah Grogot. Turut mendampingi Wabup Kepala Badan Kesbangpol, Nonding,S.Sos.MM dan para guru yang  ikut serta dalam upacara.

Dalam arahannya Wabup Masitah menyampaikan bahwa sosialisasi kebangsaan untuk pemilih pemula merupakan bagian dalam pembelajaran berdemokrasi bagi generasi muda, hal ini berdasarkan pada pancasila.  Ini sangat penting karena merupakan bagian dari pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan PPKN.

"Sebentar lagi kita akan melaksanakan pemilu  di tahun 2024 maka pentingnya partisipasi pemilih terutama generasi muda sebagai sarana untuk menyalurkan aspirasi dan sebagai wujud tanggung jawab dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ", kata Masitah.

"Generasi muda jangan terpancing dengan narasi - narasi negatif, adik- adik perlu mendewasakan diri untuk aktif dan mengikuti aturan pemilu yang benar karna tonggak kepemimpinan ditentukan anak muda" tambahnya.

Kita harus membekali anak muda dengan pengetahuan politik yang sehat menjunjung norma dan beretika, karena pemimpin yang kita pilih menunjukkan cerminan dari pemilihnya.

Jadi pemilih pemula harus rasional, mandiri dan bertanggung jawab sesuai dengan nilai - nilai kebangsaan dan demokrasi.

Pencerdasan literasi politik ini akan menghasilkan pemilih pemula yang paham akan perannya, yakni mengawal pemilu dengan turut aktif mengedukasi orang di sekitarnya, agar tidak disinformasi atau misinformasi, juga harus terlibat aktif melaporkan konten berbahaya dan mencegah penyebarannya.

Diakhir sambutan dan arahan Masitah memyampaikan Pemilih pemula harus memperhatikan dengan seksama akun medsos pelaksana dan peserta kampanye, iklan kampanye dan konten - konten yang mengarah pada ujaran yang kurang baik. (Prokopim)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.1705 detik dengan memori 0.69MB.