Berita:Sepanjang Tahun 2023, Kabupaten Paser Banjir Penghargaan

Siaran Pers

TANA PASER- Pada momen hari jadi Kabupaten Paser ke 64, selain ungkapan rasa syukur, Bupati Paser dr Fahmi Fadli mengungkapkan rasa bangganya di Rapat Paripurna Hari Jadi Kabupaten Paser (28/12/23) di Ruang Baling Seleloi.


“Saya bangga  kepada Perangkat Daerah dan masyarakat Kabupaten Paser lebih semangat untuk berlomba-lomba menunjukkan prestasi dan meningkatkan kinerja. “Untuk itu, pada kesempatan ini, kami akan menyampaikan rasa terima kasih sekaligus ucapan selamat dan apresiasi yang tinggi atas kinerja dari para PNS, P3K dan PTT, dari pejabat pelaksana, pejabat pengawas, pejabat fungsional, pejabat administrator, pejabat tinggi pratama hingga Sekretaris Daerah, lembaga maupun perorangan yang berhasil menunjukkan prestasi membanggakan sepanjang tahun 2023 ini”, ungkapnya bangga.

Berbagai prestasi dan penghargaan ini merupakan wujud pengakuan baik dari pemerintah provinsi maupun dari pemerintah pusat disematkan untuk Kabupaten Paser,yaitu Penghargaan pada HUT ke-66 Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Paser meraih juara satu untuk tujuh kategori, sembilan kategori juara dua dan juara tiga di 13 kategori.  Piala Adipura, dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Revitalisasi Bahasa Daerah Tunas Bahasa Ibu Bahasa Paser dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Pada bidang Kesehatan, Paser meraih Penghargaan Daerah Bebas Penyakit Frambusia, dari Menteri Kesehatan, Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Menteri Dalam Negeri. Sedangkan pada pelayanan publik bidang kesehatan juga berprestasi, yaitu: Ima Nurul Khotimah, A.Md.Gz. (Puskesmas Krayan) Nutritionist teladan nasional.

dan Suryanata Satria Atmanegara, S.KM. (RSUD PS) Tenaga Kesehatan masyarakat teladan.

Pada MTQ ke 44 Tahun 2023, Kabupaten Paser naik dua peringkat dari tahun sebelumnya menjadi peringkat ke 6. Kabupaten Paser juga menerima Piagam Penghargaan Pembangunan Daerah 2023, Terbaik 3 oleh Gubernur Kalimantan Timur atas Perencanaan dan Pencapaian Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi Kategori Kabupaten. Dua penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai pengelola kearsipan terbaik kedua se-Kaltim dan penghargaan pelaksanaan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) di Kabupaten Paser.

Anugerah Saytalancana Wira Karya, penghargaan pada Bidang pertanian dan perkebunan. Diserahkan pada saat pembukaan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke 16, oleh Menteri Pertanian RI. Penghargaan ini bukan hanya upaya dan untuk Bupati saja, tetapi juga melibatkan perangkat daerah, para petani dan pekebun, dan seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Paser, baik masyarakat di desa maupun di kecamatan. Semoga ini menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Paser. 

“Untuk ke 10 kalinya, raih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Paser Tahun 2022, Piala Kabupaten Layak Anak tahun 2023 kategori Pratama dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Penghargaan ini adalah yang ketujuh secara beruntun untuk Paser”, ungkap Fahmi.

Tahun 2023 Kabupaten Paser langganan meraih Piagam Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM dari Gubernur Kaltim. Penghargaan Merdeka Award 2023 dengan kategori Program Inovatif Pendampingan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Kabupaten Paser memiliki LPDB  (Lembaga Pengelola Dana Bergulir ) yang membantu permodalan UKM dengan sistem peminjaman hingga Rp4 miliar (4 miliar rupiah) Pemerintah Kabupaten Paser juga memiliki aplikasi UMKM TaKa dan aplikasi SIPD P3DN.