Berita:Sepanjang Tahun 2023, Kabupaten Paser Banjir Penghargaan

Siaran Pers

TANA PASER- Pada momen hari jadi Kabupaten Paser ke 64, selain ungkapan rasa syukur, Bupati Paser dr Fahmi Fadli mengungkapkan rasa bangganya di Rapat Paripurna Hari Jadi Kabupaten Paser (28/12/23) di Ruang Baling Seleloi.


“Saya bangga  kepada Perangkat Daerah dan masyarakat Kabupaten Paser lebih semangat untuk berlomba-lomba menunjukkan prestasi dan meningkatkan kinerja. “Untuk itu, pada kesempatan ini, kami akan menyampaikan rasa terima kasih sekaligus ucapan selamat dan apresiasi yang tinggi atas kinerja dari para PNS, P3K dan PTT, dari pejabat pelaksana, pejabat pengawas, pejabat fungsional, pejabat administrator, pejabat tinggi pratama hingga Sekretaris Daerah, lembaga maupun perorangan yang berhasil menunjukkan prestasi membanggakan sepanjang tahun 2023 ini”, ungkapnya bangga.

Berbagai prestasi dan penghargaan ini merupakan wujud pengakuan baik dari pemerintah provinsi maupun dari pemerintah pusat disematkan untuk Kabupaten Paser,yaitu Penghargaan pada HUT ke-66 Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Paser meraih juara satu untuk tujuh kategori, sembilan kategori juara dua dan juara tiga di 13 kategori.  Piala Adipura, dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Revitalisasi Bahasa Daerah Tunas Bahasa Ibu Bahasa Paser dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Pada bidang Kesehatan, Paser meraih Penghargaan Daerah Bebas Penyakit Frambusia, dari Menteri Kesehatan, Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Menteri Dalam Negeri. Sedangkan pada pelayanan publik bidang kesehatan juga berprestasi, yaitu: Ima Nurul Khotimah, A.Md.Gz. (Puskesmas Krayan) Nutritionist teladan nasional.

dan Suryanata Satria Atmanegara, S.KM. (RSUD PS) Tenaga Kesehatan masyarakat teladan.

Pada MTQ ke 44 Tahun 2023, Kabupaten Paser naik dua peringkat dari tahun sebelumnya menjadi peringkat ke 6. Kabupaten Paser juga menerima Piagam Penghargaan Pembangunan Daerah 2023, Terbaik 3 oleh Gubernur Kalimantan Timur atas Perencanaan dan Pencapaian Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi Kategori Kabupaten. Dua penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai pengelola kearsipan terbaik kedua se-Kaltim dan penghargaan pelaksanaan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) di Kabupaten Paser.

Anugerah Saytalancana Wira Karya, penghargaan pada Bidang pertanian dan perkebunan. Diserahkan pada saat pembukaan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke 16, oleh Menteri Pertanian RI. Penghargaan ini bukan hanya upaya dan untuk Bupati saja, tetapi juga melibatkan perangkat daerah, para petani dan pekebun, dan seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Paser, baik masyarakat di desa maupun di kecamatan. Semoga ini menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Paser. 

“Untuk ke 10 kalinya, raih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Paser Tahun 2022, Piala Kabupaten Layak Anak tahun 2023 kategori Pratama dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Penghargaan ini adalah yang ketujuh secara beruntun untuk Paser”, ungkap Fahmi.

Tahun 2023 Kabupaten Paser langganan meraih Piagam Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM dari Gubernur Kaltim. Penghargaan Merdeka Award 2023 dengan kategori Program Inovatif Pendampingan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Kabupaten Paser memiliki LPDB  (Lembaga Pengelola Dana Bergulir ) yang membantu permodalan UKM dengan sistem peminjaman hingga Rp4 miliar (4 miliar rupiah) Pemerintah Kabupaten Paser juga memiliki aplikasi UMKM TaKa dan aplikasi SIPD P3DN. 


“Kabupaten Paser menjadi salah satu dari 34 daerah yang memiliki kinerja baik dan berhasil mengendalikan inflasi di daerah. Kementerian Keuangan Republik Indonesia memberikan penghargaan atas keberhasilan dalam mengendalikan inflasi di daerahnya. Kita diberi insentif fiskal sebesar Rp. 10.968.876.000 (10 miliar 968 juta 876 ribu rupiah) yang diberikan oleh Menteri Dalam Negeri”, ujarnya.

Pemkab Paser juga meraih Winner Cum Laude Award very Good Region in a Leading Profile Public Accountability (Pemenang - Penghargaan Cum Laude Daerah Sangat Baik dalam Profil Akuntabilitas Publik Terkemuka dalam program unggulan Smart Service (Pelayanan Pintar). Penghargaan Investment Award 2023 diberikan atas kerjasama dan partisipasi dalam pencapaian target serta realisasi investasi di Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2022.

“Piagam penghargaan dari Gubernur Kalimantan Timur sebagai Peringkat 2 atas partisipasi dalam pelaksanaan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting. Piagam diserahkan langsung Pj. Gubernur Kaltim Dr. Drs. Akmal Malik, M.Si  pada upacara Peringatan Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023”, terang Bupati.

Banyak sekali pencapaian yang membanggakan. Lebih lanjut Fahmi menyebutkan Pemkab Paser meraih Penghargaan Perlindungan Konsumen kategori Pasar Tertib Ukur dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.  Penghargaan diserahkan Menteri Perdagangan pada acara penganugerahan penghargaan perlindungan konsumen 2023. Penghargaan ini menjadi istimewa karena terakhir kali Paser menerima award 10 tahun silam.


Dua penghargaan ini tak kalah membanggakan. Yaitu penghargaan atas Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB), dan Zona Integritas (ZI) Tahun 2023 merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Republik Indonesia dengan predikat nilai B, meningkat dari yang sebelumnya yaitu predikat nilai CC. dan Hasil Pengukuran Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD) Tahun 2023, Kabupaten Paser terbaik nasional cluster tinggi kabupaten dari 400 kabupaten se Indonesia. Dengan indeks 82,649.

 Diakhir tahun, Pemkab pun diganjar Piagam Penghargaan sebagai Apresiasi menjadi Titik Lokasi Mandiri Instansi Seleksi Kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) menggunakan CAT BKN Tahun Formasi 2023. dan Piagam Penghargaan Penyalur Dana Desa Tercepat Periode Tahun Anggaran 2023 oleh Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Perbendaharaan.


“Kita juga dibanjiri dengan penghargaan di bidang pendidikan, olah raga, seni dan budaya, seperti Atlet renang asal Paser yaitu Fathur Rizky Moreno, berhasil mengharumkan Indonesia di ajang internasional Asean Para Games atau olahraga Difabel Asia Tenggara, di Phnom Penh Kamboja dengan meraih emas dan perunggu.  Dan Gulat Kabupaten Paser mengharumkan nama daerah di pentas Piala Gubernur Kalimantan Timur se-Indonesia atau Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Junior Gulat 2023 dengan meraih 3 medali emas dan 8 medali perunggu. Kabupaten Paser keluar sebagai juara umum pada Kaltim Festival (Kaltim Fest) Tahun 2023 setelah meraih gelar juara terbaik pada tiga nomor yang dilombakan”, pungkas Bupati Fahmi. (Prokopim).

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.1188 detik dengan memori 9.16MB.