Berita:Sekda Membuka Kegiatan Diseminasi dan Publisitas Data Stunting Kabupaten Paser Tahun 2023

Siaran Pers

Tana Paser – Seketaris Daerah, Drs. Katsul Wijaya, M.Si membuka  Kegiatan Diseminasi dan Publisitas Data Stunting Kabupaten Paser di Ruang Rapat Sadurengas Kantor Bupati Paser, Jl. Noto Sunardi Tanah Grogot, Kamis (05/01/2023). 

“Stunting merupakan salah satu masalah kesehatan di Indonesia yang mendapat perhatian penting dari pemerintah karena memiliki dampak buruk dalam jangka waktu yang panjang. Stunting dapat mengakibatkan pertumbuhan dan perkembangan sel-sel neuron terhambat sehingga mempengaruhi perkembangan kognitif pada anak, berdampak pula terhadap perkembangan motorik dan verbal, peningkatan penyakit degeneratif, kesakitan dan bahkan mengakibatkan kematian,” ungkap Sekda dalam sambutan Bupati yang dibacakannya.

Pada Sambutan Bupati juga dikatakan bahwa melalui  Dinas Kesehatan Kabupaten Paser sebagai penanggung jawab pengukuran dan publikasi stunting telah melakukan pengukuran status gizi terutama stunting pada balita yang diinput ke dalam aplikasi Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM) yang di entry oleh petugas gizi puskesmas. Pengukuran dan publikasi data stunting ini bertujuan untuk mengetahui status gizi anak sesuai umur dan mengukur prevalensi stunting di tingkat desa, kecamatan dan Kabupaten/ Kota secara berkala mulai dari posyandu, fasilitas kesehatan dan di lingkungan sekolah TK/ PAUD/ RA yang dilaporkan secara berjenjang.

Selain itu Bupati Paser dalam sambutan yang dibacakan Sekda juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Paser mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas peran serta seluruh pihak yang telah terlibat dalam upaya penurunan stunting di Kabupaten Paser. Tanpa kerja terpadu  dari Pemerintah, stakeholder dan seluruh masyarakat akan sangat sulit mencapai target yang diharapkan. “Semoga upaya ini dapat tetap kita jalankan secara bersama-sama guna mewujudkan generasi muda yang berdaya saing untuk Kabupaten Paser Yang Maju, Adil dan Sejahtera, “ tambahnya. (Humas).

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.6069 detik dengan memori 0.69MB.