Berita:Ruas Jalan Simpang Batu - Lori Perlahan Mulus, Warga Sampaikan Ucapan Terima Kasih

Siaran Pers

TANA PASER - Bupati Paser dr.Fahmi Fadli meninjau proyek jalan ruas Kecamatan Paser Belengkong sampai ke Kecamatan Tanjung Harapan, atau ruas Simpang Batu ke Desa Laburan, dan Laburan ke Desa Lori, Rabu (12/7/23). Dari hasil progress dua proyek tersebut meskipun masih di bawah 50 persen, masyarakat sekitar mengaku puas dengan kondisi sementara. 

Salah seorang supir angkutan gas elpiji, Supar mengatakan dulu jarak tempuhnya dari Kecamatan Tanah Grogot sampai ke Desa Lori bisa tiga jam. Apalagi kondisi hujan. Sekarang hanya 1 jam, kecuali hujan bisa lebih lama. 

"Sering mau lari ke parit mobil kalau tidak lihat nyetir, sering juga meledak ban mobil," katanya.  

Namun setelah ada perbaikan jalan yang masih berjalan, ini sangat membantu mengurangi beban perjalanannya. Hal senada juga disampaikan warga lainnya Syarifuddin. Jalan menuju Lori terkenal kalau musim hujan licin, musim kemarau debu. Sekarang itu sudah berkurang, dia berharap secepatnya progress peningkatan jalan ini bisa selesai. "Terima kasih pak Bupati perjuangannya," ujarnya. 

Bupati  Fahmi mengatakan keinginannya ruas seluruh jalan menuju Desa Lori pada 2024 bisa tuntas selesai. Ia meminta masyarakat bersabar karena anggaran terbatas. 

"Tahun ini lumayan besar alokasi anggaran peningkatan jalan di ruas ini, ada yang dari APBD dan juga APBN," kata Bupati Fahmi. 

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Paser Asnawi mengatakan ada dua ruas yang diperbaiki melalui APBD. Yaitu Simpang Batu - Laburan sepanjang 4,3 kilometer, dan ruas Laburan - Lori sepanjang 2,8 kilometer. Dua ruas tersebut dibangun dengan full rigid beton. Dengan spek tinggi 10 cm dan lebar 6 meter. 

"Di sela-sela kedua ruas jalan ini juga akan ada alokasi dari APBN melalui dana Instruksi Presiden (Inpres), namun belum dilelang," kata Asnawi.

Lelang dana Inpres tersebut langsung melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kaltim. DPUTR Paser hanya mengusulkan perencanaan. 

Peningkatan Jalan Simpang Batu - Lori:

1. Simpang Batu - Laburan = Rp 27,3 miliar panjang 4,3 km. Progress 36 persen. 

Masih ada peningkatan 5,7 km dari APBN/dana Inpres dengan anggaran Rp 52 miliar. 

2. Laburan - Lori = 19,4 miliar 2,8 km. Jaraknya 14,km. Sudah 49 persen progres. Akhir Agustus selesai target. 

Masih ada peningkatan 3,7 km dari APBN/dana Inpres dengan anggaran Rp 33 miliar. (Prokopim).

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 1.9237 detik dengan memori 0.69MB.