Berita:Rendahnya Capaian Vaksinasi Covid-19, Perlunya Kerjasama Semua Pihak

Siaran Pers


TANA PASER- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser  terus berjuang melakukan percepatan vaksinasi, demi terciptanya herd immunity. 

Sinergi Pemkab Paser dengan TNI, Polri dan seluruh stakeholder selama ini dilakukan dalam melaksanakan percepatan vaksinasi. 

Kerjasama ini menambah semangat perjuangan para Tenaga Kesehatan (Nakes) untuk turun memberikan vaksin kepada masyarakat.

Untuk diketahui,  Kabupaten Paser  bertahan sebagai zona kuning Covid-19. Capaian vaksinasi berada di 47, 86  persen untuk dosis pertama dan baru 29,49  persen yang mendapat dosis kedua.

Namun saat ini Kabupaten Paser  menjadi salah satu daerah yang  capaian vaksinasi Covid-19 dibawa 50 persen. Sementara  target vaksinasi nasional di akhir tahun 2021 mencapai angka 70 persen. 

Rendanya capaian ini, Bupati Paser dr Fahmi Fadli  mengajak semua elemen masyarakat mendukung suksesnya pelaksanaan program vaksinasi, karena cakupan pelaksanaan vaksinasi masih sangat rendah, sehingga dikhawatirkan upaya pembentukan kekebalan komunitas masyarakat melalui program vaksinasi tidak terlaksana dengan baik.

Terpisah, Penyebab rendahnya capaian vaksin di Bumi Daya Taka menurut Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekda Paser Abdul Kadir disebabkan berbagai faktor. 

 Diantaranya sebut Kadir, masih kurangnya kesadaran masyarakat dan perlunya peningkatan sosialisasi serta  terkendala wilayah yang luas. 

Dijelaskan Kadir, sejak  vaksin Covid-19 tiba di Indonesia, tidak sedikit masyarakat yang belum setuju akan anjuran pemerintah untuk menjalani vaksinasi. Padahal, pemberian vaksin ini sangatlah penting, bukan hanya untuk melindungi masyarakat dari Covid, tetapi juga memulihkan kondisi sosial dan ekonomi yang terkena dampak pandemi.

“Vaksinasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin Covid-19 adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini,” katanya.

Untuk ketersediaan vaksin lanjut Kadir cukup karena setiap daerah sudah mendapatkan dosis vaksin, hanya saja ada beberapa faktor yang menjadi kendala dilapangan seperti diantaranya kesadaran masyarakat, sosialisasi serta  luas wilayah. 

 “Namun  dengan dukungan berbagai unsur, Insya Allah teman-teman Dinas Kesehatan optimistis bisa mencapai target 70 persen akhir tahun. Berbagai  upaya untuk mengakselerasi vaksinasi dengan cara kolaborasi dan sinergitas dengan TNI, Polri, dan seluruh stakeholder, sehingga  capaian target nasional  bisa tercapai,” tandas Jubir Bupati ini.(humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 3.3216 detik dengan memori 0.69MB.