Berita:Rakor Forkopimda “Perkembangan Politik Menjelang Pemilu Serentak 2024”.

Siaran Pers

Balikpapan- Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024. Perintah Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan kegiatan Rakor Forkopimda “Perkembangan Politik Menjelang Pemilu Serentak 2024”, bertempat di Hotel Novotel Balikpapan. Kamis (6/7/2023).

Pada kegiatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Paser dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya, Kepala Badan Kesatuan, Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Paser, Nonding, serta segenap Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Paser. Kapolres Paser AKBP Kade Budiarta, Komandan Kodim 0904/Psr Letkol Inf. Ary Susetyo, Kepala Kejaksaan Negeri Paser Rajendra D Wiritanaya, Kepala Satpol PP Kabupaten Paser H.M. Guntur.

Pada kesempatan yang sama Gubernur Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Isran Noor menyampaikan, Rakor Forkopimda terkait Perkembangan Politik Menjelang Pemilu Serentak 2024 penting untuk dilaksanakan. Sebagai salah satu cara untuk mengetahui kondisi politik dan keamanan di lingkungan Provinsi Kalimantan Timur.

"Saya menilai kegiatan ini sangat penting untuk memperoleh berbagai informasi, terkait dengan kondisi politik terkini, khususnya di Kaltim. Seiring kian dekatnya Pemilu Serentak 2024 yang tahapan terus berjalan sesuai jadwal," ucap H. Isran Noor.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya mengatakan, mendukung kesuksesan Pemilu serentak di Kabupaten Paser. Pemerintah Kabupaten Paser akan melakukan koordinasi dengan pihak penyelenggara.

"Sesuai dengan tahapan yang berjalan, tentu kami akan koordinasi dengan pihak penyelenggara, guna memberikan dukungan terhadap pelaksanaan setiap tahapan," ucap Katsul Wijaya.

Melalui Badan Kesbangpol, Pemerintah Kabupaten Paser akan melaksanakan koordinasi dengan pihak penyelenggara terkait dengan pelaksanaan tahapan Pemilu. Sehingga pelaksanaan Pemilu bisa terlaksana dengan sukses.

Namun demikian ia membatasi berkaitan dengan kewenangan Pemerintah Kabupaten Paser. Disampaikan bahwa, Pemerintah Kabupaten Paser tidak memiliki kewenangan sampai pada penanganan teknis Pemilu. Namun setiap kebutuhan penyelenggara akan menjadi perhatian bagi Pemkab Paser.

"Dari sisi penyelenggara tentu sudah melakukan pemetaan berkaitan dengan pelaksanaan pemilu di setiap desa, nantinya dari sisi penyelenggara juga akan koordinasi jika terjadi kendala," ungkapnya.

Berkaitan dengan kebutuhan penyelenggara dalam pendistribusian logistik. Tentu Pemkab Paser telah menyiapkan kebutuhan dari pihak penyelenggara, terutama dalam hal pendistribuaian logistik ke desa-desa.

"Seperti yang sudah dilakukan pada Pemilu sebelumnya, kami menunggu saja apa yang menjadi kebutuhan penyelenggara," ungkapnya.

Disisi lain Kepala Kesbangpol Kabupaten Paser Nonding, dalam memberikan dukungan terhadap kesuksesan pemilu. Pihaknya lebih menekankan pada sinergisitas antara Forkopimda dan Forkopimca.

"Biasanya kendala terjadi pada tahap distribusi, hal ini sudah kami antisipasi jauh hati, sehingga ketika dibutuhkan pihak penyelenggara, kami sudah siap," terangnya.

Memperkuat dalam pemberian dukungan terhadap kesuksesan tahapan pemilu, Pemerintah Kabupaten Paser juga memfasilitasi penyelenggara untuk kemudahan dukungan dari berbagai perusahaan di Kabupaten Paser. 

Diakhir acara Gubernur Isran Noor memberikan bantuan 1 unit mobil kepada Kesbangpol masing- masing Kabupaten/ Kota di Kalimantan Timur. (Prokopim).

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 3.0480 detik dengan memori 0.7MB.