Berita:Posyantek Desa Uko Wakili Kaltim, Masitah Hadir Beri Dukungan dan Berharap Kreativitas TTG bisa Tingkatkan PAD Desa

Siaran Pers

Samarinda - Wakil Bupati Paser Hj Syarifah Masitah Assegaf menghadiri kegiatan seleksi peserta gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) khususnya untuk kategori Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Desa Berprestasi. Pada gelar TTG kali ini Kabupaten Paser melalui Posyantek Desa Uko ditunjuk mewakili Provinsi Kalimantan Timur ke tingkat nasional tahun 2022.

Dipilihnya Posyantek Desa Uko Kecamatan Muara Komam Kabupaten Paser karena Posyantek Desa Uko berhasil menjadi yang terbaik dan meraih juara pertama pada gelar TTG tingkat Provinsi Kaltim yang diselenggarakan 25-27 Juni lalu di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Proses seleksi dan penilaian juri pada gelar TTG ini dilakukan secara virtual bertempat di kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Kamis (22/09/2022).

Pada momen ini Kepala Posyantek Desa Uko Ali Maulana mendapat kesempatan pertama untuk tampil mempresentasikan Posyantek Desa Uko dengan berbagai inovasi produk unggulannya seperti kopi khas Uko, madu murni, minyak goreng serta ikan kering yang prosesnya dibuat menggunakan alat jemur efek rumah kaca.

Untuk diketahui alat jemur efek rumah kaca ini merupakan salah satu inovasi Ali Maulana saat menjadi peserta TTG tingkat nasional tahun 2021 dan berhasil meraih juara harapan.

Wabup Masitah yang hadir pada kesempatan tersebut mengungkapkan dukungan dan perhatian pemerintah daerah terhadap Prestasi yang dicapai Posyantek Desa Uko.

Selain disambut antusias oleh tim atau peserta Posyantek Desa Uko, kehadiran Wabup Masitah menjadi poin penting bagi dewan juri karena pada lomba ini Kaltim bersaing dengan provinsi lainnya di Indoesia yakni Aceh, Lampung, DKI Jakarta serta Kaltara.

Dari 34 Provinsi, tersaring 12 besar peserta termasuk Kaltim yang nantinya akan ditetapkan peserta terbaik 1, 2, 3 dan 4 yang selanjutnya akan mengikuti pameran gelar TTG yang dipusatkan di Kota Cirebon pada bulan Oktober mendatang.

Wabup Masitah yang berpasangan dengan dr Fahmi Fadli ini berharap Posyantek Desa Uko bisa kembali mengharumkan Kaltim meraih juara nasional seperti yang pernah di capai pada gelaran Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional ke XXII Tahun 2021 lalu.

Wabup Masitah juga mengharapkan Desa Uko terus berprestasi dan bermitra dengan berbagai perusahaan dalam mengembangkan usaha kecil menengah serta dapat memperluas pemasaran produknya ke berbagai daerah dan diluar daerah Kaltim

“Kepada Dinas terkait untuk terus melakukan pembinaan dan membantu meningkatkan kreativitas Posyantek menuju Desa Mandiri yang dapat meningkatkan PAD Desa,” ungkap Masitah.

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati Paser, Kepala DPMPD Kaltim Anwar Sanusi, Kepala Dinas PMD Paser Chandra Irwanadhi, Camat Muara Komam Mustafa serta Kabid Perekonomian Desa Dinas PMD Paser. (Humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.4137 detik dengan memori 0.69MB.