Berita:Pengukuhan 3292 Linmas, Paser Siap Dukung Kesuksesan Pemilu 2024

Siaran Pers

Tana Paser - Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024. Pemerintah Kabupaten Paser juga turut serta mensukseskan Pemilu serentak tahun 2024. Hal tersebut ditindaklanjuti dengan pengukuhan 3292 Pelindung masyarakat (Linmas). Gedung Olah Raga (Gor) Sadurengas Tapis. Senin (30/10/2023).


Pada pengukuhan tersebut, Bupati Paser dr. Fahmi Fadli menegaskan bahwa, seluruh Linmas harus memiliki ketegasan dan kekompakan dalam melaksanakan tugas di lingkungan masyarakat. Kekompakan dapat dilihat dari keseragaman seluruh Linmas.

"Saat ini Linmas belum bisa dikatakan Kompak, karena belum seluruhnya berseragam Linmas, hal ini harap segera ditindaklanjuti," tegas Bupati Fahmi.


Namun demikian, tak kalah penting berkaitan dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Ia meminta kepada Kepala Satpol PP Kabupaten Paser untuk melakukan pembinaan kepada seluruh Linmas di Kabupaten Paser.

"Jika Linmas sudah diseragamkan, selanjutnya laksanakan pembinaan melalui pelatihan, sehingga Linmas di Paser mampu melaksanakan tugas dengan baik," pintanya.

Dikatakan, Pengukuhan dan pengambilan sumpah anggota Satlinmas ini merupakan bentuk pengimplementasian amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Serta Perlindungan Masyarakat.

"Kami harap Satlinmas dapat memberikan pelayanan keamanan dan kenyamanan langsung pada masyarakat, baik dari akibat bencana, membantu kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu memelihara ketenteraman dan ketertiban pada saat pemilihan kepala desa, pemilihan kepala daerah, dan pemilihan umum, serta membantu upaya pertahanan negara," jelasnya.