Berita:Pemkab Paser Selalu Serius Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah

Siaran Pers

Tana Paser – Bupati dr Fahmi Fadli menyampaikan beberapa catatan penting terkait upaya dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Ini disampaikan Bupati saat memberikan tanggapan terhadap pandangan umum Fraksi DPRD Kabupaten Paser pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Paser yang membahas Rancangan Peraturan Daerah APBD tahun 2022, di Baling Seleloi, Senin (26/6).

Adapun upaya atau terobosan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Paser dalam peningkatan PAD ini yaitu:

Pertama, terus berupaya mempertahankan dan meningkatkan pendapatan daerah terutama dari sisi penerimaan pajak dan retribusi daerah dengan cara melakukan terobosan–terobosan dan inovasi, baik dari segi obyek pajak/retribusi maupun subyek pajak/retribusi dalam rangka menggali sumber pendapatan asli daerah yang sesuai dengan peraturan daerah yang berlaku.

Kedua, menggerakkan seluruh sumber daya yang dimiliki secara maksimal untuk menggali sumber Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Paser sehingga mengurangi ketergantungan terhadap sumber pendapatan yang berasal dari dana bagi hasil tambang khususnya batu bara serta pendapatan daerah yang berasal dari transfer Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi. 

Ketiga, melakukan Komunikasi yang lebih intensif dengan strategi yang tepat dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dengan harapan pada masa yang akan datang Bantuan Keuangan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dapat meningkat.

Keempat, lebih meningkatkan target capaian pendapatan daerah melalui terobosan-terobosan dan inovasi yang dilakukan sehingga kemampuan belanja bisa lebih besar lagi di tahun berikutnya.

Dan kelima, terus meningkatkan kinerja penertiban dan pengawasan terhadap penarikan pajak sehingga penerimaan daerah dari sektor ini bisa lebih maksimal serta berupaya untuk mempertahankan dan meningkatkan target pendapatan asli daerah dari sektor retribusi. (Prokopim)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 3.1461 detik dengan memori 0.69MB.