Berita:Pemkab Paser Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Siaran Pers

Tana Paser – Pemerintah Kabupaten Paser menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022, Sabtu pagi (01/10/2022) di Lapangan Gentung Temiang, Tepian Batang yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser Katsul Wijaya.

Upacara dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Paser Hendra Wahyudi, jajaran Forkopimda dan jajaran pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Paser serta unsur perwira TNI/Polri. Adapun peserta upacara terdiri dari pasukan TNI/Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, ASN dan PTT, mahasiswa, organisasi kepemudaan serta barisan pelajar.

Jalannya upacara diawali dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa yang telah gugur dan dipimpin langsung oleh Sekda Katsul Wijaya selaku Inspektur Upacara. Selanjutnya pembacaan Naskah Pancasila yang juga dipimpin oleh Inspektur Upacara. 

Sementara Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dibacakan oleh perwira dari Kodim 0904 Tanah Grogot Peltu Agus Suwasdinur. Adapun Ketua DPRD Kabupaten Paser Hendra Wahyudi bertugas membacakan Naskah Ikrar Peringatan hari Kesaktian Pancasila.

Meskipun sempat diiringi hujan gerimis namun upacara tetap berjalan dengan lancar dan penuh khidmat.

Selepas Upacara, Sekda Katsul Wijaya mengatakan bahwa Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini dilakukan untuk mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa yaitu Pancasila.

“Termasuk penghormatan terhadap jasa para Pahlawan Revolusi yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September atau lebih dikenal dengan sebutan G30S/PKI,” tambahnya.

Menurutnya juga Pancasila memiliki makna sebagai pedoman dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan yang meliputi bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya. 

Untuk diketahui, sebelumnya Pemerintah menginstruksikan untuk memasang bendera merah putih setengah tiang pada tanggal 30 September dan menaikkannya menjadi satu tiang pada tanggal 1 Oktober dalam rangka Memperingati hari Kesaktian Pancasila.(humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1552 detik dengan memori 0.94MB.