Berita:Pemkab Paser dan Unhas Lakukan Studi Kelayakan Untuk Pembangunan Rumah Sakit Tipe D di Batu Sopang dan Long Ikis

Siaran Pers

TANA PASER – Pemerintah Kabupaten Paser bersama Universitas Hasanuddin Makasar melakukan studi kelayakan pembangunan Rumah Sakit Tipe D di Batu Sopang dan Long Ikis. Hadir dalam Studi Kelayakan tersebut Asisten Administrasi Umum Murhariyanto, S.Sos mewakili Bupati Paser, dan didampingi Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Afrah Nahetha, ST, M.M,  sementara itu dari Universitas Hasanuddin rombongan full team terdiri dari Prof. Ir. Sumbangan Baja, M. Phil. Ph.D selaku Seketaris Universitas Hasanuddin didampingi oleh Salman Samir, SE, M.Sc. Kemudian ada tim I yang terdiri dari Dr. Agus Bintara Birawida, S.Kel, M.Kes (Ketua Tim) , Suni, S.Si, M.Si (anggota), Dr. Muliadi Mau, S. Kom, M.Si (anggota) dan Haniek Khoirunisa, SE, M.Sc (anggota). Tim II terdiri dari Ruslan SKM, MPH, Ph.D (Ketua) , Asfar Syarifuddin , S.T,MT, (anggota) Andi Imelda S.P, M.Si (anggota), Rahmat mawaleda, S.Kel, M.Si (anggota), Fatmawati Hamid, S.KM, M.Kn (anggota), Yanika Mutmainna , S.KM (anggota). Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat Sadurengas, Jumat (8/12/23).



Dalam studi kelayakan diinformasikan Universitas Hasanuddin telah melakukan survey online di Batu Sopang dengan 121 responden dari hasi survey tersebut diantaranya yaitu 66,67% masyarakat di Batu Sopang sangat setuju untuk pembangunan rumah sakit di Batu Sopang , sedangkan untuk survey online di Kecamatan Long Ikis dengan 289 responden hasil survey diantaranya 99% sangat setuju untuk pembangunan rumah sakit.

Sementara itu melalui Sambutan Bupati yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Murhariyanto, dikatakan pembangunan rumah sakit di 2 kecamatan yaitu di Batu Sopang dan Long ikis merupakan perwujudan  misi Adil dari Paser MAS yaitu mengurangi kesenjangan antar kecamatan yang setara dengan layanan dasar pemerintah, “ kita ingin semua masyarakat Kabupaten Paser mendapatkan layanan dasar pemerintah dalam segala hal aspek kehidupan terutama dalam layanan Kesehatan, untuk itu saya harap agar seminar ini berjalan lancar dan agar tim Unhas dapat memberikan rekomendasi untuk pembangunan di dua rumah sakit,”jelas Murhariyanto.


Selain itu Murhariyanto juga menerangkan Pemerintah Kabupaten Paser berkomitmen untuk memberikan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan rumah sakit di Batu Sopang dan Long Ikis, “perhatikan lahan lahan yang akan dibangun harus clear dalam legalitasnya,”ungkap Murhariyanto. Disamping itu ia juga menambahkan untuk pra kontruksi dari Dinas PUTR, dokumen UPL dari Dinas Lingkungan Hidup dan dokumen lalulintas melalui Dinas Perhubungan juga perlu diperhatikan.