Berita:Pemkab Paser dan UGM Susun Masterplan Irigasi

Siaran Pers

Tana Paser – Pemerintah Kabupaten Paser melalui Bappedalitbang menggandeng Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam menyusun masterplan irigasi di Kabupaten Paser. Salah satu tahapan yang dilakukan dalam penyusunan dokumen ini adalah Seminar Akhir yang dilaksanakan di Ruang Sadurangas, Kamis (10/8/23).

Seminar akhir ini dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana mewakili Bupati Paser dr Fahmi Fadli. Dalam sambutan tertulis Bupati, Adi menyebutkan bahwa Masterplan atau rencana induk ini merupakan dokumen perencanaan tata ruang yang mengatur letak fasilitas umum dan sosial sesuai dengan fungsi lahannya. Dalam melihat masa depan, masterplan menjadi rencana induk pembangunan kawasan yang berangkat dari potensi dan masalah yang saat ini masih dimiliki oleh kawasan. 

“Kabupaten Paser telah dicanangkan sebagai kawasan penyangga pangan dan menjadi mitra strategis IKN. Saat ini kita sedang surplus beras. Namun jika jumlah penduduk bertambah, tentu akan beda ceritanya. Untjuk pertahankan kondisi yang baik ini, perlu kita antisipasi dan tingkatkan produksi pangan dengan persiapan dan pembenahan sistem irigasi untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pangan di IKN. Penyusunan Master Plan Jaringan Irigasi di Kabupaten Paser, dengan mempertimbangkan kondisi wilayah hulu - tengah - hilir menyangkut karakteristik topografi, sumber daya air dan lahan, serta lingkungannya baik ekologi maupun strategi sangat diperlukan,” kata Adi.

Sementara itu Kepala Bappedalitbang M Isnaini menyebut dokumen cetak biru ini bisa menjadi acuan bagi instansi terkait dalam penyusunan perencanaan.

Adapun narasumber yang hadir adalah Prof Sahid Susanto, Prof Azwar Maas, Prof Sigit Supadmo, Chandra Setyawan PhD, Hanggar Ganara Mawandha PhD, Muhamad Khoiru PhD, dan Alfian Hanafi STP. (Prokopim)


Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.5055 detik dengan memori 0.69MB.