Berita:Pemerintah Kabupaten Paser Akan Terus Berupaya Melakukan Peningkatan Status Desa

Siaran Pers

Tana Paser - Indeks Desa Membangun ( IDM ) merupakan salah satu program pembangunan desa yang diperlukan dalam upaya mensejahterakan rakyat di Indonesia. Indeks Desa Membangun (IDM) disusun untuk memberikan panduan kepada Pemerintah Pusat, Daerah dan Desa sebagai salah satu basis dalam proses perencanaan, pelaksanaan serta pemantauan dan evaluasi Pembangunan Desa.

Indeks Desa Membangun  digunakan Pemerintah sebagai alat untuk mengukur status perkembangan desa sehingga rekomendasi kebijakan yang diperlukan akan lebih tepat sasaran.

Kegiatan Workshop Indeks Desa membangun dihadiri dan dibuka oleh Bupati Paser dr. Fahmi Fadli, Senin ( 19/12/2022) di Awa Mangkuruku.

Dalam sambutannya Bupati Fahmi mengatakan bahwa Tahun 2022 berdasarkan data Indeks Desa Membangun Alhamdulillah sudah tidak ada desa yang masuk dalam status desa tertinggal dan sangat tertinggal. " Dari 139 Desa di Kabupaten Paser terbagi dalam status 17 Desa Mandiri, 76 Desa maju dan 46 Desa berkembang," ungkap Bupati Fahmi." Pemerintah Kabupaten Paser melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa akan Terus berupaya melakukan Peningkatan status, terutama di 46 Desa berkembang menjadi Desa Mandiri, Salah satunya melalui kegiatan workshop IDM," tambahnya.

Bupati Fahmi juga mengapresiasi kerja keras semua pihak yang terus berperan aktif dalam upaya peningkatan status desa yang ada di Kabupaten Paser. " Saya berharap agar peran para pendamping desa lebih ditingkatkan lagi dalam upaya pemenuhan data IDM dan para camat harus selalu memantau perkembangan status desa yang ada di wilayah masing - masing," kata Bupati.

Turut hadir dalam acara IDM Ketua DPRD Hendra Wahyudi, Sekda Katsul Wijaya, para Asisten, Kepala Dinas PMD Chandra Irwanadhi, para Camat, Ketua APDESI, Tenaga Ahli Pendamping Masyarakat Kabupaten Paser dan para Pendamping Desa. (Humas)



Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 1.7207 detik dengan memori 0.69MB.