Berita:Paser Siap Dukung Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa

Siaran Pers

Jakarta - Rapat Koordinasi Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa ( P3PD ) diselenggarakan oleh Menteri Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa. Secara Nasional Kick Off tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Sahid Jaya,Jakarta Pusat Selasa (11/7/23). Kegiatan ini diikuti seluruh unsur daerah mulai dari provinsi ,kabupaten dan kota.

Program penguatan pemerintahan dan pembangunan desa adalah sebuah program yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia untuk memperkuat pemerintahan dan pembangunan di tingkat desa. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa dan mempercepat pembangunan di daerah  pedesaan.

Kegiatan Rakornas dibuka langsung oleh Kemendagri RI ,Tito Karnavian, dalam sambutannya Ia mengatakan bahwa salah satu visi Presiden pada Periode pertama yaitu membangun dari pinggiran mulai dari desa, perbatasan, selain itu ada sejumlah langkah yang dilakukan presiden untuk memperkuat  desa, seperti regulasi undang - undang desa tahun 2014 dan lebih amat berarti adanya alokasi dana desa, dimana setiap tahun mencapai kurang lebih 7 triliun dana desa yang dikeluarkan.

"Untuk perkuat desa dan pembangunan desa,desa harus menyiapkan lapangan kerja baru,bahkan ada istilah bekerja di desa tapi rezekinya rezeki kota dan desa harus membangun central - central ekonomi yang baru" kata Tito. 

Sementara itu Wakil Bupati Paser,Hj.Syarifah Masitah  Assegaf.SH. yang hadir dalam Rakornas P3PD menjelaskan bahwa Pemkab Paser pasti mendukung upaya tersebut,apalagi sasaran rakornas ini adalah menjadikan desa sebagai kekuatan ekonomi,tentunya untuk mewujudkan itu diperlukan orientasi kemajuan desa termasuk mengoptimalkan potensi setiap desa.

Seperti disinggung oleh Mendagri bahwa dalam pelaksanaan peningkatan alokasi dana desa belum didukung oleh kemampuan  aparatur desa.

"Terutama dalam mengelola rencana pembangunan dan anggaran belanja secara efektif dan efesien " jelas Masitah.

"Jadi targetnya memperkuat kapasitas kelembagaan dan sistem akuntabilitas yang mengarah pada peningkatan kualitas belanja di tingkat desa,sesuai dengan kebutuhan dalam berkontribusi terhadap perbaikan kualitas hidup," tambahnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Dalam Negeri,Tito Karnavian,Panglima TNI,Laksamana TNI Yudo Margono,KPK,World Bank Group,Bappenas, Para Gubernur dan Bupati, Walikota dan para peserta Rakornas P3PD Tahun 2023. (Prokopim )

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 3.1906 detik dengan memori 0.69MB.