Berita:Paser Raih Penghargaan KKP HAM

Siaran Pers

SAMARINDA – Kabupaten Paser meraih penghargaan Kabupaten / Kota Peduli (KKP) Hak Asasi Manusia (HAM). Penilaian Kabupaten / Kota Peduli Hak Asasi Manusia merupakan amanat dari Menteri Hukum dan HAM Nomor 22 Tahun 2021 tentang kriteria Kabupaten /Kota peduli Hak Asasi Manusia yang bertujuan memotivasi Pemerintah Kabupaten/Kota untuk melaksanakan penghormatan, pelindungan , pemajuan, penegakan dan pemenuhan Hak Asasi Manusia. Penghargaan diserahkan langsung oleh Seketaris Provinsi Kalimantan Timur, Dra. Sri Wahyuni, MPP, didampingi Kepala Kantor Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Wilayah Provinsi Kalimantan Timur Dr. Gun Gun Gunawan dan diterima oleh Seketaris Daerah Kabupaten Paser Drs. Katsul Wijaya, M.Si mewakili Bupati Paser.  Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Ruhui Rahayu Ballroom, Kantor Gubernur Kalimantan Timur, Selasa(19/12/23).


Adapun para penerima KKP HAM yaitu; Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, Gubernur Provinsi Kalimantan Utara, Walikota Samarinda, Walikota Balikpapan, Walikota Bontang, Walikota Tarakan, Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara, Bupati Kabupaten Kutai Timur, Bupati Kabupaten Paser, Bupati Kabupaen Berau dan Bupati Kabupaten Bulungan. 


Menurut Kepala Kantor  Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Wilayah Provinsi Kalimantan Timur Dr. Gun Gun Gunawan mengatakan Puncak dari Peringatan Hak Asasi Manusia ke 75 mengambil tema Harmoni Keberagaman.  Selain itu ia menjelaskan penilaian Kabupaten/Kota peduli HAM meliputi penilaian 120 indikator dengan disertai data dukung pada tahun sebelumnya. Pada saat yang sama Gun Gun Gunawan juga memberikan apresiasi kepada Gubernur Kalimantan Timur karena Kabupaten/ Kota yang ada di Kalimantan Timur 60 persen telah melakukan pemenuhan Hak Asasi Manusia, “saya mengapresiasi kepada Gubernur Kalimantan Timur karena Kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Timur 60 persen telah melakukan pemenuhan Hak Asasi Manusia, artinya Kabupaten/ Kota di Kaltim peduli HAM tepuk tangan bagi kita semua,”ungkapnya.  “Kami mengharapkan Provinsi Kalimantan Timur tahun depan dapat mencapai 100 persen seperti di provinsi lainnya,” pungkas Kepala Kantor Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Wilayah Provinsi Kalimantan Timur.


Sementara itu Seketaris Katsul Wijaya  bersyukur atas prestasi yang berhasil diraih,” kita bersyukur Kabupaten Paser meraih penghargaan KKP HAM, ini adalah wujud Kabupaten Paser peduli akan HAM, semoga tahun depan prestasi ini bisa kita pertahankan”, kata Sekda Katsul Wijaya. Hadir mendampingi Sekda, Kabag Hukum H. Andi Azis, S.H beserta para Kasubag. (Prokopim)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.2984 detik dengan memori 6.13MB.