Berita:Otorita IKN Buka Peluang Kerjasama Dengan Pemerintah Daerah

Siaran Pers

Jakarta-Bertempat di Gran Ballroom Hotel Kempinski West Mall Grand Indonesia,  Bupati Paser diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Kamis (14/3/2024).

Rakornas tersebut dalam rangka mewujudkan visi IKN sebagai Kota Dunia Untuk Semua sebagaimana diamanatkan dalam ketentuan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Ibu Kota Negara.

Kegiatan yang mengangkat tema “Kolaborasi Pemerintah Daerah dan Ibu Kota Nusantara Untuk Mewujudkan Kota Dunia Untuk Semua” dihadiri 514 Bupati dan Walikota serta 38 Gubernur se-Indonesia.

Adapun agenda kegiatan yakni pengenalan IKN sebagai ‘Loncatan Peradaban Indonesia’ dan potensi Kerjasama Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dengan Pemerintah Daerah. 

Sebagai pembicara dalam kegiatan itu yakni Menteri Dalam Negeri, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri ATR/Kepala BPN RI, Menteri PPN/Kepala Bappenas RI, beserta Kurator IKN Ridwan Kamil.

Kepala OIKN, Bambang Susantono mengatakan bahwa pertemuan antara Pemerintah Daerah dan Kementerian/Lembaga dalam rakornas ini dapat membangkitkan gairah OIKN untuk mewujudkan nusantara sebagai salah satu tonggak Indonesia Emas.

Menurutnya, kolaborasi dan sinergi antar lembaga merupakan kunci keberhasilan untuk mewujudkan peradaban baru yang berdampak positif bagi kemajuan Tanah Air.

Bambang menambahkan, membangun IKN bukanlah sekedar membangun infrastruktur dan gedung-gedung fasilitas pemerintah semata. Namun merupakan langkah transformasi menuju peradaban baru dengan memperkenalkan budaya kerja baru, pola pikir baru dan sebuah basis ekonomi baru di Indonesia.

“Pembangunan IKN juga merupakan salah satu langkah Pemerintah untuk mendukung pembangunan ekonomi yang inklusif dengan menyebarkan magnet pertumbuhan ekonomi baru sehingga tidak hanya bertumpu di Pulau Jawa”, tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Adi Maulana mengungkapkan IKN selain merupakan simbol bangsa Indonesia namun juga wujud pemerataan pembangunan di seluruh tanah air. Karenanya Paser sebagai penyangga sekaligus mitra strategis IKN akan mendorong percepatan pembangunan dan menjadikannya sebagai kesempatan untuk meningkatkan semua potensi dalam upaya mewujudkan Paser yang Maju, Adil dan Sejahtera.

Mantan Kadis Kominfo tersebut juga menilai positif dibukanya peluang kerjasama pembangunan pemerintah daerah dengan OIKN sebagai pusat gravitasi ekonomi baru yang diharapkan dapat menciptakan multiplayer efek dengan menjadikan episentrum pertumbuhan yang akan semakin merata ke wilayah luar Jawa khususnya wilayah sekitar IKN seperti halnya Kabupaten Paser. (Prokopim)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.0156 detik dengan memori 0.7MB.