Berita:Menuju Smart City, Komitmen Bupati Fahmi Meningkatkan Pelayanan Publik

Siaran Pers


 Penulis: Harmin/ Staf Prokopim Paser

Implementasi konsep kabupaten berbasis teknologi digital dalam ekosistem kota cerdas (smart city) di Kabupaten Paser  perlahan mulai diwujudkan.

Setelah melalui sejumlah tahapan, Kabupaten Paser menjadi daerah yang ditetapkan sebagai salah satu dari 50 kabupaten/kota terpilih dalam program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) tahun 2022 yang dicanangkan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Olehnya itu, Kabupaten Paser berhak mendapatkan pendampingan dan asistensi dari tim ahli Kementerian Kominfo terkait penyusunan masterplan smart city.

Yang jelas, hadirnya smart city di Kabupaten Paser akan bermunculan  titik-titik pertumbuhan digital di seluruh penjuru  wilayah Bumi Daya Taka.

Kemampuan suatu daerah dapat dikategorikan sebagai kota cerdas, diantaranya harus dapat mendayagunakan data dan teknologi digital untuk membuat kebijakan yang lebih baik dan memperbaiki kualitas hidup masyarakatnya. 

Dari situ, program Gerakan Menuju Kota Cerdas hadir di kabupaten paling selatan di Provinsi Kaltim ini untuk memperjelas konsep dan pengimplementasian smart city di penjuru Kabupaten Paser.

 Banyak  contoh kota-kota di dunia yang berhasil menerapkan kerangka pengembangan smart city sebagai solusi dari permasalahan urban yang dihadapi.

Pemerintah Kabupaten Paser  berkomitmen  yakni Bupati Paser dr Fahmi Fadli dalam  meningkatkan pelayanan publik. Salah satunya meningkatkan pelayanan publik yang cepat dan efesien dengan menggunakan teknologi. 

Selain itu melakukan pembangunan menggunakan pendekatan Smart City dalam dunia yang makin dinamis saat ini karena  bukan lagi pilihan, melainkan sudah menjadi kebutuhan, khususnya bagi pemerintah daerah dalam memberikan kualitas pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien. 

Dibutuhkan kerja keras dan komitmen yang tinggi dalam mewujudkannya , agar apa yang diharapkan dapat tercapai, dan hal ini terpatri dalam diri Bupati Paser dr Fahmi Fadli membangun daerah ini yang ingin memberikan pelayanan yang berkualitas, cepat dan efisien kepada masyarakat Kabupaten Paser, dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). 

Komitmen  pemimpin Paser  ini, juga ingin menjadikan Kabupaten  penyangga IKN Nusantara sebagai kabupaten Maju, Adil dan Sejahtera,  dan ia juga menginginkan Kabupaten Paser  menjadi kota pintar dalam segala hal. 

Jelas, konsep smart city adalah konsep Kota Cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat, hingga dapat mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya. (humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.5108 detik dengan memori 0.7MB.