Berita:Keindahan Gunung Embun, Wabup: PT AAMU Hibahkan 10 Hektare & Ini Mewujudkan Paser MAS

Siaran Pers

TANA PASER- Gunung Embun atau Gunung Boga Desa Luan Kecamatan Muara Samu Kabupaten Paser telah viral dan masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API Award) kategori dataran tinggi terpopuler, sebuah penghargaan yang digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Gunung Boga pun menjadi salah satu destinasi wisata alam yang paling dikunjungi baru-baru ini khususnya oleh masyarakat Kalimantan Timur. Gunung Boga atau Gunung Embun menjadi spot take off paralayang yang belum pernah ada sebelumnya di Kalimantan Timur.

Gunung ini juga memiliki pemandangan lanskap yang tak kalah menarik dengan gunung-gunung yang ada di Indonesia. Kabut yang kerap muncul di pagi hari mempunyai daya tarik tersendiri, yang membawa wisatawan seperti berada di negeri diatas awan.

Melihat potensi ini menurut Wabup Hj Syarifah Masitah Assegaf, Pemerintah Kabupaten Paser meminta kepada pihak perusahaan, yaitu PT AAMU yang memiliki HGU untuk menghibahkan areal Gunung Boga menjadi Kawasan wisata. 

“Alhamdulillah, tak memakan waktu lama, pihak perusahaan tidak keberatan menghibahkan arealnya kepada Pemkab Paser. Beberapa hari yang lalu, tepatnya 12 Oktober 2021, Direktur PT AAMU menyerahkan surat pelepasan areal Gunung Boga menjadi Kawasan wisata seluas 10,26 hektar,” kata Wabup dalam sambutannya saat kunjungan Gubernur di Wisata Gunung Boga.

Menurut Wabup, luasnya  areal ini berdasarkan hasil dari pengukuran bersama Badan Pertanahan Negara (BPN) Kabupaten Paser, pihak perusahaan dan Pemerintah Kabupaten Paser. Yang selanjutnya akan  dilakukan proses administrasi terkait hibah tersebut.

“Meskipun telah dihibahkan, Pemerintah Kabupaten Paser memberikan izin bagi perusahaan untuk melakukan perawatan kebun, memanen sawit hingga mengakses jalan maupun jalan kebun selama PT AAMU beroperasi,” ujar Masitah. 

Dengan berjalannya proses tersebut, Wabup Masitah atas nama Pemerintah Kabupaten Paser, mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kontribusi dan dukungan PT AAMU terhadap Gunung Boga menjadi Kawasan wisata. 

“Harapan kami, semoga ini bisa diikuti oleh perusaaah lainnya yang beroperasi di wilayah Kabupaten Paser. Karena ini merupakan salah satu upaya kita untuk mewujudkan Paser MAS, Paser yang Maju, Adil dan Sejahtera,” tandasnya. (humas) 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 1.9756 detik dengan memori 0.69MB.