Berita:Kabupaten Paser Dukung Program FCPF- CF

Siaran Pers

Samarinda - Pemerintah Provinsi Kaltim melalui biro ekonomi setda provinsi Kaltim menggelar rapat koordinasi (Rakor) dalam pelaksanaan program kegiatan Forest Carbon Partnership Facility - Carbon Fund ( FCPF- CF) dan sosialisasi format pelaporan oleh  Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup  Kementrian Keuangan RI yang dilaksanakan di Poll Terrace,Hotel Aston Samarinda Jumat ( 7/07/2023 ).

Sebagai bentuk dukungan dari program tersebut Kabupaten Paser turut hadir pada Rakor FCPF - CF. Kegiatan tersebut dihadiri Seketaris  Daerah Kabupaten Paser Drs.Katsul Wijaya.M.Si,didampingi Kepala BPKAD Nur Asni,SE.MM. Selain itu peserta yang hadir pada kegiatan tersebut adalah; Kepala Divisi BPDLH, para Sekda kabupaten/kota se Kaltim dan para penjabat Pemprov Kaltim serta perangkat daerah terkait.

Project Director FCPF BPDLH / Kepala Divisi Penyaluran Dana Program BPDLH, Mulkan menyampaikan dalam waktu dekat SK dari menteri sudah keluar untuk dana investasi karena tim penilai sudah ada,harapan kami Kaltim  juga bisa akses ke FCPF Car Fund yang ke 2 dalam program - program yang sudah diusulkan.

Program FCPF - Car Fund ini sendiri merupakan program yang dari Word Bank atas pengurangan emisi gas rumah kaca yang dilakukan provinsi Kaltim dari tahun 2019 - 2021 yang mencapai 22 Ton CO2 equivalent.

Sekda menyampaikan bahwa Kaltim akan mendapatkan insentif sebesar 260 M dari World Bank, "sesuai informasi yang saya dapat bahwa pemerintah Provinsi Kalimantan Timur atas kenerjanya mendapatkan insentif 260 miliar dari Word Bank karena daerah Kaltim berhasil menurunkan emisi gas rumah kaca melalui program Forest Carbon Partnership Facility - Carbon Fund ( FCPF-CF ) " ungkapnya.

Sekda Katsul juga menambahkan sebelumnya Pemerintah Kabupaten Paser dan Kabupaten kota lainnya ,melalui Kepala BPKAD Provinsi dan Kepala BPKAD Kabupaten Kota termasuk Kabupaten Paser sudah melaksanakan Penandatanganan dengan Direktur Utama Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup ( BPDLH ) dan dana tersebut akan segera didistribusikan ke Provinsi Kaltim dan kabupaten kota. (Prokopim )

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.3928 detik dengan memori 0.69MB.