Berita:Gempa Mamuju Sangat Terasa Tanjung Aru & Tanah Grogot

Siaran Pers

TANA PASER- Gempa berkekuatan Magnitudev5,8 mengguncang Mamuju,Sulawesi Barat (Sulbar), Rabu (8/6/2022).

Getaran gempa sangat terasa hingga di kota Tanah Grogot. Bahkan dari informasi masyarakat Desa Tanjung Aru Kecamatan Tanjung Harapan, gempa terjadi dua kali yakni getaran pertama dan kedua dengan guncangan sangat terasa.

“Sangat terasa getarannya. Bahkan gempa kedua warga semua keluar rumah untuk menyelamatkan diri,” kata Fadlan, yang mengaku sempat menghubungi kerabatnya yang ada di Tanjung Aru.

Sedangkan untuk wilayah Tanah Grogot, getaran gempa juga sangat terasa. “Sempat terasa getaran tadi. Ruang Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan sempat goyang-goyang," ucap Romi, seorang staf dilingkungan Setda Paser.

Untuk diketahui, Desa Tanjung Aru Kecamatan Tanjung Harapan adalah Desa di Kabupaten Paser yang berhadapan langsung  dengan selat Makassar. Dengan posisi tersebut, Desa paling timur di Kabupaten Paser ini, adalah kawasan yang paling dekat dengan kabupaten Mamuju Sulbar  dengan batas Kepulauan Balabalagan  yang tersebar di tengah-tengah antara Pulau Sulawesi dengan Pulau Kalimantan.

Untuk diketahui, Gempa dengan magnitudo (M) 5,8 terjadi di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar). Gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

"Tidak berpotensi tsunami," demikian cuit BMKG di akun @infoBMKG, Rabu (8/6/2022).

Gempa terjadi pada hari ini pukul 12.32 WIB. Lokasi titik gempa berada di koordinat 2,74 derajat Lintang Selatan (LS) dan 118,54 derajat Bujur Timur (BT).

Pusat gempa berada di 43 km arah barat daya Mamuju pada kedalaman 10 km. Warga diminta mewaspadai gempa susulan. (humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.0085 detik dengan memori 0.69MB.