Berita:Gaya Kepemimpinan Pengaruhi Kemajuan Daerah

Siaran Pers

ditulis: Harmin/ staf Prokopim)

SUDAH tahun kedua dr Fahmi Fadli menjadi orang nomor satu di kabupaten paling selatan di provinsi Kaltim ini. Bersama Wakilnya Hj Syarifah Masitah Assegaf, menuju Paser MAS (Maju, Adil & Sejahtera), menjadi visi -misi  semangat bersama untuk terus melayani dan menyejahterakan masyarakat.

Gaya kepemimpinan merupakan salah satu unsur fundamental dari pemerintah daerah. Keberhasilan pemerintah daerah mencapai tujuan antara lain, ditentukan gaya kepemimpinan.

Sering berinteraksi dengan rakyat agar mengetahui aspirasi dan yang menjadi keluhan mereka, kemudian mengadaptasikan pada kebijakan. Gaya kepemimpinan seperti itu sangat dibutuhkan masyarakat dengan semboyan “Olo Manin Aso Buen Si Olo 'Ndo” atau berarti “Hari Esok Lebih Baik dari Hari Ini”.

Bupati Fahmi Fadli  yang memiliki gaya kepemimpinan efektif, elegan tetapi tetap merakyat adalah gayanya. Kedekatan putra dari mantan Bupati Paser Almarhum H Yusriansyah Syarkawi dengan masyarakat ini,  dapat terlihat dari seringnya Fahmi Fadli  secara langsung mendatangi masyarakat. 

Bahkan, Pria kelahiran 3 Maret 1976 ini tak segan berbaur dengan masyarakat sampai kalangan bawah. 

Blusukan ala Fahmi Fadli tersebut sudah menjadi warna rutin pria yang juga sangat dekat dengan kaum milenial hingga lansia ini.

Tentunya gaya kepemimpinan seperti itu bermanfaat untuk dapat mengembangkan daerah. Kepala daerah dapat langsung mengetahui situasi sesungguhnya yang dialami masyarakat, tanpa khawatir mendapatkan informasi yang salah. Melalui gaya kepemimpinan elegan, kebijakan yang diambil menjadi lebih efektif dan tentunya menjadi lebih merakyat.

Gaya kepemimpinan tersebut tentunya dapat mempercepat berbagai target dan rencana pemerintah daerah, khususnya pada pembangunan di Kabupaten Paser. 

Pengaruh kepemimpinan dalam pembangunan daerah adalah hal vital, namun hal lain yang cukup vital adalah menggiring tanpa paksaan. Oleh karena itu, diperlukan gaya kepemimpinan elegan seperti Fahmi Fadli.

Elegan bisa diartikan membuat orang lain mengikuti kemauan  tanpa terbebani rasa takut ataupun terpaksa. Dengan demikian tujuan akan lebih cepat terwujud.

Pemimpin elegan yang mampu melihat sudut pandang prospektif. Memberi kontribusi pada setiap persoalan, menggerakkan mobilitas dan mencapai tujuan bersama, yakni menyejahterakan rakyat. 

Gaya kepemimpinan seperti itu telah dilakukan Alumni Universitas Kedokteran UMY sejak memimpin. 

Dalam setiap arahannya, Fahmi Fadli  selalu mengajak ASN untuk lebih giat dan disiplin dalam kerja, serta lebih peka terhadap kebutuhan masyarakat.

Karena itulah sejak dilantik sebagai Bupati Paser, suami dari Sinta Rosma Yenti memproritaskan tiga program, yakni peningkatan infrastruktur pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), dan penguatan ekonomi daerah.

Pembangunan infrastuktur bertujuan untuk menunjang pembangunan ekonomi masyarakat seperti produksi dan pertanian. Adapun pembangunan SDM bertujuan untuk menciptakan SDM yang mandiri dan memiliki jiwa kewirausahaan. 

Sementara peningkatan ekonomi akan difokuskan pada penguatan sektor ekonomi lokal guna menunjang ekonomi daerah. "Seperti sektor pertanian, peternakan terus kita tingkatkan produksinya, dan UMKM agar masyarakat punya jaringan usaha sehingga sejahtera,” kata. (**)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.1836 detik dengan memori 0.7MB.