Berita:Diseminasi Penguatan Revilitasi Bahasa Daerah Penting Dilakukan

Siaran Pers

Tana Paser – "Diseminasi penguatan revitalisasi bahasa daerah ini sangat penting kita lakukan karena eksistensi bahasa daerah yang sudah mulai tergerus oleh bahasa asing,”kata Wakil Bupati  Hj. Syarifah Masitah Assegaf S.H dalam sambutan Bupati yang dibacakannya. Pada acara Diseminasi Penguatan Revitalisasi Bahasa Daerah di Provinsi Kalimantan Timur Wabup Masitah hadir mewakili Bupati Paser. Acara tersebut berlangsung di Hotel Bumi Paser Jl. Kartini, Tanah Grogot, Kamis (25/5/2023). 

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan Wabup Masitah dikatakan bahwa bahasa daerah memegang peranan penting sebagai indentitas jati diri, ciri khas, alat komunikasi, dan instrumen selama berabad-abad hingga ribuan tahun lewat lisan maupun tulisan yang merupakan warisan leluhur dan tercatat, sebagian besar dari 718 bahasa daerah di Indonesia kini kondisinya terancam punah dan kritis.

Dikatakan pula bahwa Pemerintah Kabupaten Paser mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur atas terselenggaranya kegiatan ini sebagai upaya menghidupkan kembali bahasa daerah. Dijelaskan pula bahwa Pemerintah Kabupaten Paser melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Paser telah mengirimkan sebanyak 70 guru, pengawas, dan kepala sekolah di tingkat SD dan SMP dari Kabupaten Paser untuk mengikuti program pengembangan profesi revitalisasi bahasa daerah yang digelar Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur tahun lalu. 

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan Wabup Masitah diharapkan agar para guru memiliki semangat belajar untuk bisa menguasai Bahasa Paser dengan baik dan benar karena tidak semua guru yang ada di Kabupaten Paser merupakan  penduduk asli Paser. “Dengan adanya pelestarian budaya Bahasa Paser tentu akan menjadikan kualitas SDM Kabupaten Paser, terutama buat para generasi muda menjadi meningkat dan berdaya saing. Hal ini sejalan dengan visi Paser MAS, Paser yang Maju, Adil dan Sejahtera,” kata Wabup Masitah.

Acara Diseminasi Penguatan Revitalisasi Bahasa Daerah  Provinsi Kalimantan Timur dibuka oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian, M.P. Turut hadir pada acara ini Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur Halimi Hadibrata,Kabid Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Surpiani, Ketua Bawe Paser Rusna, serta para guru bahasa daerah. (Prokopim)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.2948 detik dengan memori 0.69MB.