Berita:Diharapkan Masyarakat Dapat Menghasilkan Teknologinya Yang Berkualitas

Siaran Pers

Tana Paser - Pemerintah kabupaten Paser melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menyelenggarakan Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Kabupaten Paser Tahun 2023. Kegiatan tersebut berlangsung  di Aula SMP Negeri 2 Tanah Grogot, Senin ( 11/9/2023).

Lomba TTG dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Drs.Katsul Wijaya, M.Si mewakili Bupati Paser. Lomba TTG mengambil tema "Melalui Lomba Inovasi kita Tingkatkan Kreativitas dan Produktivitas Masyarakat yang Berdaya Saing Menuju Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera)", dengan  tema ini diharapkan masyarakat dapat menghasilkan teknologi yang berkualitas dalam mengembangkan inovasinya dan memanfaatkan TTG dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat.

Katsul Wijaya saat membacakan sambutan Bupati Paser mengatakan bahwa Teknologi Tepat Guna yang diharapkan adalah teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan, dapat dimanfaatkan dan dipelihara oleh masyarakat secara mudah,serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan, lanjutnya. "Sudah saatnya pembangunan desa tidak hanya terfokus pada infrastruktur saja, akan tetapi juga memperhatikan pemberdayaan ekonomi produktif masyarakat," jelas Sekda.

Melalui sambutan Bupati yang dibacakan dikatakan bahwa Bupati mengapresiasi positif dan mendukung pelaksanaan lomba  serta berharap  lomba tersebut dapat sebagai sarana untuk menjaring ide -ide kreasi inovasi masyarakat serta menunjang pengembangan potensi yang ada di desa dalam usaha menumbuhkan budaya kewirausahaan atau entrepreneurship culture.

Kegiatan  dikuti beberapa desa dengan inovasinya diantaranya Desa Padang Pengrapat dengan dengan inovasi mesin tetas telur full otomatis kapasitas 150 biji telur, Desa Uko dengan inovasi alat garuk tanpa sakit pinggang, Desa Maruat mesin parut kelapa, desa Gunung Putar pohon bonsai dan cetakan jajanan tradisional dan desa Riwang dengan inovasi alat penghapus beras, dilaksanakan selama dua hari yakni 11 September s/d 12 September 2023. Teknologi Tepat Guna bertujuan sebagai ajang memperkenalkan inovasi -inovasi hasil TTG yang telah diciptakan para inovator, menambah pengetahuan dan wawasan bagi para pelaku TTG maupun masyarakat serta mendorong kreativitas dan inovasi di masyarakat.

Pembukaan TTG juga dihadiri kepala DPMPD Provinsi Kaltim Anwar Sanusi, kepala DPMPD Paser Chandra Irwanadhi, perangkat daerah terkait di lingkungan Pemkab Paser, jajaran kepala desa beserta para inovator desa. (Prokopim)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 3.0103 detik dengan memori 0.69MB.