Berita:Demi Pelestarian Budaya, Festival Budaya Taka Digelar

Siaran Pers

Tana Paer - Bupati Paser yang diwakili Staf Ahli Bupati Paser Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Ir. Amiruddin Ahmad M. AP didampingi Direktur Kebudayaan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Otorita Ibu Kota Nusantara H. Mukin Palinrung, S.S.,M.A serta Senior Manager CST PT. Kideco Jaya Agung Suriyanto secara resmi membuka Festival Budaya Taka, Budaya Ibu Kota Nusantara Se-Kalimantan Timur Kideco Competition II Tahun 2024.

Pembukaan ditandai dengan Pemukulan Gakendang secara serempak di gedung serbaguna Kodim 0904 Paser, kamis (18/01/2024). Kegiatan ini bertujuan sebagai wadah pelestarian Budaya di Kalimantan Timur dalam memajukan kebudayaan dan ekosistem masyarakat adat yang memiliki nilai- nilai sejarah yang tinggi.

Festival Budaya Kideco Competition bekerjasama dengan Sanggar Seni Rebuntung memperlombakan 3 kategori yaitu Festival Band Ethnic, Festival Vocal Solo Lagu Daerah dan Festival Tari Pedalaman Kreasi, yang dikuti peserta dari Paser dan seluruh daerah di Kaltim seperti Samarinda, Balikpapan dan PPU.

Staf Ahli Amiruddin dalam sambutannya memberikan Apresiasi kepada PT Kideco Jaya Agung  yang telah menjadi mitra  Pemerintah Kabupaten Paser melalui Program CSRnya yang langsung bersentuhan dan dirasakan oleh masyarakat, sinergisitas menuju terwujudnya Paser MAS.

 

Pada momen tersebut, Amiruddin menitipkan pesan kepada seluruh peserta. “Berkompetisilah secara sehat  untuk membawa nama baik daerahnya masing masing-masing, jadikan momen ini sebagai ajang pembuktian bakat menuju generasi yang berbakat, berbudaya dan berdaya saing”, harapnya.

Festival yang diselenggarakan selama 3 hari yakni dari 18 s/d 20 Januari, dimeriahkan penampilan tari kolosal dan musik Ansambel dati Sanggar Seni Rebuntung binaan Badarudinsyah.

Turut hadir yang mewakili Dandim 0904 Paser dan mewakili Kapolres Paser, mewakili Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim, Camat Tanah Grogot, Manager CSR PT Kideco Jaya Agung Hilmatullah, ketua kelompok kerja Kepala Sekolah Paser, ketua Bawe Paser, Tokoh Seniman dan Budaya. (Prokopim).