Berita:Bupati Pimpin Apel Operasi Ketupat Mahakam Tahun 2023

Siaran Pers

Tana Paser –  Dalam rangka pengamanan mudik dan dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444H, Bupati Paser dr Fahmi Fadli pimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Mahakam Tahun 2023 di Halaman Polres Paser, senin (17/4/23). Bupati pimpin apel bersama Kapolres Paser Kade Budiyarta, S.I.K, dan Dandim 0904/Paser Letkol (Inf) Ary Susetyo,  dihadapan pasukan yang terdiri dari Polres Paser, Polairud dan Satuan Brimob, Kodim 0904/Paser, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, serta ORARI dan Senkom Mitra Polri.

Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023.Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergisitas Polri dengan stakeholder.

Sambutan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, Yang dibacakan Bupati, bahwa Polri bersama stakeholder terkait, berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal.”Yaitu melalui Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2023” selama 14 (empat belas) hari sejak 18 April-Mei 2023. Operasi ini telah diawali dengan KRYD atau Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan,  tanggal 10-16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2-9 Mei 2023.

Berbagai langkah dalam Operasi Ketupat 2023 diharapkan mampu berjalan dengan baik,  sehingga dapat memastikan kelancaran hari raya Idul Fitri 1444 H, serta mewujudkan “Mudik yang Aman dan Berkesan” begitu pula pada saat arus balik.

“Terdapat enam penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan”, ujar Fahmi. Pertama, laksanakan tugas dengan sungguh- sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam Operasi Ketupat 2023 adalah sebuah kehormatan, sekaligus ladang amal ibadah bagi kita semua. Kedua, kedepankan langkah-langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomani SOP, agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan ”Presisi” sebagaimana harapanmasyarakat”, terangnya.

Selanjutnya ketiga, pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarpras dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan, pos pelayanan, maupun pos terpadu, sehingga mampu mendukung pelaksanaan tugas secara optimal. Keempat, berbagai langkah-langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik, sehingga kita mampu mengawal perjalanan mudik dari keberangkatan  hingga kepulangan, agar masyarakat mendapatkan kegembiraan bertemu sanak saudara dan bisa kembali denganselamat.

Kemudian yang kelima pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat. Lakukan penguatan komunikasi publik, baik menggunakan media TV-Radio nasional maupun lokal, serta media streaming Polri TV-Radio melibatkan toga, tomas, influencer dan public figure.

“Terakhir, keenam, perkuat sinergisitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan Operasi Ketupat 2023”, pungkasnya. (Prokopim)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 4.1094 detik dengan memori 0.7MB.