Berita:Bupati Paser Dukung Penuh Tripartit untuk Jaga Lingkungan Kerja yang Baik

Siaran Pers

TANA PASER – Pemerintah Kabupaten Paser selalu mendukung upaya-upaya yang dapat menciptakan hubungan yang sehat antara para pihak, baik dalam hubungan sosial kemasyarakatan, bisnis, atau hubungan kerja.

Salah satunya adalah upaya menjaga hubungan kerja yang harmonis dan kondusif melalui Tripartit antara perusahaan, pekerja, dan pemerintah. Hal ini terlihat saat pertemuan Tripartit yang dihadiri Bupati Paser dr Fahmi Fadli, di ruang kerja Bupati Paser Senin. (5/12/23).



Bupati Fahmi menyebut dirinya mendukung penuh upaya-upaya yang dilakukan perusahaan dan pekerja agar iklim berusaha di Kabupaten Paser tetap menciptakan rasa nyaman dan tentram.

Dan menurut Bupati, usulan serikat pekerja untuk membentuk Peraturan Bupati mengenai Tripartit adalah langkah yang tepat sebagai payung hukum bagi ketiga pihak. Sehubungan dengan ini, Bupati Fahmi juga menyetujui jika ada upaya untuk melihat aturan perundangan di daerah lain, agar bisa diadopsi sesuai dengan kondisi di Paser.



“Kita perlu membangun komunikasi yang intensif, sehingga sinergisitas antara pihak terbangun. Lalu kondusifitas untuk selesaikan perselisihan agar tidak melebar juga sangat penting. Ini sudah terjadi selama ini, dan saya pesan agar dijaga kondisi ini,” kata Bupati.

Untuk masalah Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK, perusahaan diminta terlebih dahulu koordinasi dengan pemerintah dan serikat. Jangan sampai ada pihak ke-3 yang memicu masalah sosial. Jika ada komunikasi antar pihak maka hal-hal negatif diantisipasi sedini mungkin. 

Pertemuan ini difasilitasi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Madju P Simangunsong. Bupati didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Romif Erwinadhi. 



Untuk informasi bahwa Tripartit adalah forum komunikasi, konsultasi dan musyawarah tentang masalah ketenagakerjaan yang anggotanya terdiri dari unsur pemerintah, organisasi pengusaha dan serikat pekerja atau serikat buruh. (Prokopim)


Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.1388 detik dengan memori 7.45MB.