Berita:Bupati Fahmi: Pola Pertanian 2023 Libatkan Pemuda

Siaran Pers


TANA PASER- Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 fokus pada penurunan angka kemiskinan, pengangguran, dan pertumbuhan ekonomi melalui Pengembangan Industri Pengolahan Berbasis Pertanian Untuk Menggerakan Ekonomi Masyarakat.

 Karena itu saat  memberikan pendapat penutup dari  Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 bertempat di Ruang 

Rapat Sadurengas Kantor Bupati Paser, Senin (31/01/2022), Bupati Paser dr Fahmi Fadli menegaskan, perlu kesiapan untuk mewujudkan itu semua.

Kesiapan itu sebut Bupati dalam penurunan angka kemiskinan, pengangguran, dan pertumbuhan ekonomi melalui Pengembangan Industri Pengolahan Berbasis Pertanian untuk  Menggerakan Ekonomi Masyarakat adalah kesiapan lahan dan Sumber Daya Manusia.

“Selain itu khusus peningkatan pertanian diantaranya penyedian bibit unggul hingga jaringan irigasi dan lainnya ,” kata Fahmi.

Namun untuk mendukung itu semua sebut Bupati, selain dukungan penggaran daerah, juga harapan dukungan provinsi dalam mencapai pembangunan pertanian menuju swasembada pangan di Kabupaten Paser.

“Ditahun kedua kepemimpinan kami, 2023 kita akan fokus peningkatan perekonomian mandiri berbasi tanaman pangan melalui dengan porsi anggarang yang besar. Sedangkan tahun 2022 ini kita fokuskan porsi yang lebih besar untuk infrastruktur jalan dan jembatan,” sebut Fahmi.

 Karena itu sebut Bupati Fahmi, sejalan fokus RKPD 2023, yakni penurunan angka kemiskinan, pengangguran, dan pertumbuhan ekonomi berbasis Pertanian, pola pencapaian pertanian dengan merangkul pemuda-pemuda melenial  yang menjadi bagian peningkatan SDM dan pengurangan pengangguran.

“Karena itu pola pertanian yang akan kita programkan 2023 dengan melibatkan pemuda adalah pertanian yang moderen dengan mekanisme yang lebih dipahami dalam upaya penibgkatan hasil dan pendapatan,”tandas Bupati.

Karena itu tambah Fahmi, dalam waktu dekat ini akan dilakukan perjanjian kerjasama atau MoU antara Pemkab Paser dan Universitas Mulawarman yang diantaraya dalam rangka memajukan sektor pertanian.

Dalam rangkaian acara tersebut, dilakukan pula penandatanganan berita acara kesepakatan forum konsultasi publik rancangan awal RKPD Tahun 2023. (humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.2912 detik dengan memori 0.69MB.