Berita:Bupati Fahmi: AKPSI Mitra Strategis Membangun, Menata & Mengawasi Tata Kelola Sawit

Siaran Pers


TANA PASER- Bupati Paser dr Fahmi Fadli menghadiri  Munas I Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indonesia (AKPSI) di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Jumat (15 /07/2022). 

Agenda utama Munas pertama AKPSI adalah komitmen bersama Daerah penghasil sawit dalam memperbaiki tata kelola Sawit Nasional dengan tujuan memperjuangkan masa depan dan kesejahteraan petani sawit di Indonesia.

Kehadiran Bupati Fahmi didampingi  Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana  di Munas AKPSI yang dibuka Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, sesuai tujuan asosiasi dibentuk untuk melindungi sekaligus memperjuangkan aspirasi masyarakat yang berprofesi sebagai petani sawit dengan dukungan dan perhatian Pemerintah Daerah yang tergabung dalam AKPSI.

Bupati Fahmi saat ditemui didampingi Asisten Ekabag Adi Maulana menyebutkan Kabupaten Paser adalah salah satu kabupaten penghasil sawit, dimana tercatat memiliki kurang lebih 41 perkebunan sawit, 18 PKS,  dan ini sejalan dengan kebijakan pemerintah sebagai tata kelola perkebunan kelapa sawit.

“Dari kegiatan munas ini, kita anggap adalah program pendampingan bagi para desa untuk memperbaiki tatakelola sawit ,sehingga posisi pemerintah daerah bisa lebih kuat lagi jika berhadapan dengan para pengusaha. Sehingga tujuan akhir bagi masyatakat petani kelapa sawit  bisa sejahtera,” sebutnya.

Lalu Bupati Fahmi optimis dengan perbaikan-perbaikan dari pemerintah melalui tata kelola sawit, harga TBS akan meningkat sesuai tujuan AKPSI menjadi mitra strategis pemerintah dan stakeholder perkebunan sawit dalam membangun, menata dan mengawasi tata kelola sawit.

“Melalui AKPSI, tata kelola  perkebunan kelapasawit bisa lebih bagus lagi kedepannya peran pemerintah serta peran kepala desa harus lebih kuat,” tegas Fahmi.

Selama ini sebut Bupati, Kabupaten Paser selalu  berpartisipasi dalam meningkatkan dan memaksimalkan produksi komoditas sawit dan termasuk mendorong meningkatnya harga TBS.

Dalam kegiatan pembukaan Munas AKPSI, pemerintah pusat seperti yang disampaikan Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, mendukung dan mendorong agar AKPSI terus berkiprah dan melakukan hal-hal yang dapat bermanfaat bagi masyarakat petani sawit di Indonesia.(humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.4358 detik dengan memori 0.69MB.