Berita:Buka Peningkatan Kapasitas Kades, Bupati Fahmi : Tantangan Kedepan Semakin Kompleks Seiring Rencana Pindahnya IKN

Siaran Pers


YOGYAKARTA- Untuk memberikan pembekalan kepada sejumlah kepala desa (kades)  di Kabupaten  Paser, Dinas PMD Paser bekerjasama Balai Pelatihan Desa Yogyakarta menggelar pelatihan peningkatan kapasitas kades.

  Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Paser dr Fahmi Fadli. Dalam arahannya Fahmi  mengatakan, pemerintahan desa yang akuntabel juga tidak serta merta dapat memperoleh predikat terbaik, tentu semua itu ada proses yang harus dilalui peningkatan kapasitas  kepala desa ini akan memberi dampak positif dan membawa manfaat yang cukup signifikan terhadap penyelenggaraan pemerintahan desa di Kabupaten Paser.

“Apalagi dilaksanakannya di Yogyakarta tentu selain mendapat ilmu pengetahuan, juga bisa sekaligus menambah wawasan dan pengalaman dengan mengagendakan studi banding ke beberapa pemerintahan desa di Yogyakarta yang sudah pasti lebih maju.Hal tersebut tentu menjadi bekal bagi aparatur desa sekaligus menjadi referensi bagi Kepala Desa tentang bagaimana mewujudkan pemerintahan desa yang baik terutama penguatan kapasitas Kepala Desa dalam hal pelaksanaan dan pengelolaan keuangan desa,” kata Fahmi.

Menurut Bupati Fahmi, suksesnya  pelaksanaan kegiatan pembangunan di desa juga sangat memegang peranan penting terhadap kemajuan daerah secara menyuluruh, karena bisa dikatakan pemerintahan desa merupakan perpanjangan tangan sekaligus ujung tombak pemerintah daerah.

“Apalagi jika mengamati perkembangan zaman sekarang yang sudah serba terintegrasi dengan perangkat IT,sehingga jika perlu informasi tentang desa juga bisa kita sajikan melalui aplikasi. Dengan demikian semua informasi yang dibutuhkan masyarakat bisa diperoleh melalui gadget atau smartphone yang bisa di akses dimanapun dan kapan saja,” ucapnya. 

Oleh karena itu, pemerintah daerah menyambut baik dan menilai positif pelaksanaan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas Kepala Desa ini sebagai upaya  untuk bersama-sama bekerja guna meningkatkan kemajuan pembangunan di Kabupaten Paser.

“Kami yakin kegiatan ini juga berfungsi sebagai wadah untuk menyatukan visi, pemantapan pola tindak dan gerak agar dapat berjalan beriringan sehingga terwujudnya sinergi kesatuan gerak dalam mencapai tujuan terutama dalam mendukung percepatan pembangunan yang sejalan dengan visi Paser MAS yakni Paser yang Maju, Adil dan Sejahtera,” tandas Fahmi.

Fahmi menambahkan,  tantangan ke depan akan semakin kompleks dan seiring dengan rencana pindahnya Ibu Kota Negara ke Kabupaten PPU tentu sebagai daerah penyangga, Kabupaten Paser harus mempersiapkan diri, salah satunya yaitu dengan menggerakan sumber daya desa yang pada gilirannya nanti diharapkan dapat mempromosikan sektor-sektor unggulan yang ada di desa.(humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.2347 detik dengan memori 0.69MB.