Berita:Buka Peningkatan Kapasitas BPD, Bupati Jelaskan Belum Terealisasi BPJS Gratis & Dana Pinjaman Pembangunan Infrastruktur

Siaran Pers


TANA PASER- Perkumpulan BPD yang berada di wilayah Kecamatan Tanjung Harapan menyelenggarakan Peningkatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Kegiatan yang digelar di Hotel Kriyad Sadurengas,  dibuka langsung oleh Bupati Paser dr Fahmi Fahmi Fadli, Senin (13/12/2021).

Hadir  Kadis PMD Chandra Irwandi, Camat Tanjung Harapan Sudarsono dan jajaran kepala desa se- Kecamatan Tanjung Harapan.

Bupati Paser dr Fahmi Fadli dalam sambutanya menyampaikan bahwa dilaksanakannya kegiatan ini untuk penguatan peran serta BPD dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa yang  dapat diandalkan dalam mewujudkan visi misi Paser MAS.

Yang lain, Bupati Fahmi kembali mengingatkan  saat ini masih ada sekitar 30 ribu masyarakat Kabupaten Paser tidak terdaftar dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) gratis. 

Karena itu, Fahmi meminta seluruh kepala desa maupun jajaran BPD  di Kabupaten Paser bisa proaktif untuk mendata dan melaporkan masyarakat agar dapat ter-cover yaitu BPJS Kesehatan gratis.

“Dari 139 desa, masih cukup banyak belum menyerahkan data warga  BPJS  gratis. Karena itu, saya minta agar kepala desa  didukung BPD segera bergerak turun ke bawah, mendata dan menemui masyarakatnya agar program BPJS gratis bisa mencapai target yang diinginkan, setidaknya mencapai 95 persen dari target yang telah ditentukan,” tegas Bupati.

 Terkait mewujudkan pembangunan  Infrastruktur jalan dan jembatan di seluruh Wilayah Kabupaten Paser tahun 2022, Bupati Fahmi mengaku  jalan -jalan  yang selama ini menjadi keluhan masyarakat ditargetkan pada tahun ini  bisa direalisasikan melalui anggaran pinjaman  pada PT Bank Pembangunan Daerah sebesar Rp600 miliar,  dan saat ini diakuinya masih diverifikasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Mari kita berdoa, saat ini dalam  tahapan verifikasi oleh Kementerian Dalam Negeri. Harapan kita pinjaman ini bisa disetujui dan muda-mudahan tidak ada kendala," kata  Fahmi.

Pinjaman  Rp600 miliar jelas Fahmi  digunakan untuk pembenahan infrastruktur jalan dengan metode rigid terbagi menjadi 11  ruas jalan sepanjang 201,50 kilometer dari total panjang jalan 228,25 kilometer. 

Sementara, Ketua panitia Peningkatan Kapasitas BPD Tanjung Harapan Nasmawati dalam laporannya  mengatakan, pelatihan ini diikuti 82  peserta se wilayah Kecamatan Tanjung Harapan.

Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakannya pelatihan tersebut adalah untuk penguatan peran serta BPD dalam penyelenggaraan Pemerintah Desa dan optimalisasi ketertiban BPD dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa. (humas) 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.3473 detik dengan memori 0.7MB.