Berita:Buka Bimtek Kepamongprajaan Bagi Camat, Amir Tekankan Permasalahan Ditingkat Desa dan Pelayanan Pemerintahan Berbasis IT

Siaran Pers

Balikpapan - Dalam rangka mendukung program pemerintah di bidang Peningkatan Kapasitas SDM ASN di masa pandemi ini, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) pada Tahun Anggaran 2021 melalui Bagian Tata Pemerintahan Setda melaksanakan bimtek Kepamongprajaan bagi Camat se Kabupaten Paser.

Berlangsung selama dua hari kegiatan bimbingan teknis ini diikuti 10 camat dan 2 pelaksana pada Bagian Tata Pemerintahan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Quest Hotel Balikpapan (15/11) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kepamongprajaan bagi camat agar dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan terutama dilingkup kecamatan bisa lebih interaktif dan mampu menberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi ditingkat desa dalam wilayah kerjanya.

Dalam sambutannya Bupati Paser melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik menyampaikan fakta tentang perkembangan aspek pembangunan di Paser yang masih dihadapkan pada banyak persoalan yang tentu harus mendapatkan penanganan secara optimal.

“Seperti halnya aspek perwujudan Kepemerintahan yang baik, telah pula hadir berbagai persoalan baru, di antaranya besarnya tuntutan pelayanan prima dan pertanggungjawaban publik yang harus dilaksanakan dengan cepat, memerlukan waktu untuk menata kelembagaan, SDM, sistem, prosedur dan tata kerja, serta pembentukan hukum dalam mendukung legitimasi sistem yang di bangun,” tandas Amiruddin Ahmad.

“Untuk menjawab tuntutan pelayanan prima kepada masyarakat dan pertanggungjawaban publik yang harus dilaksanakan dengan cepat, efektif dan efisien harus didukung SDM aparatur yang berkualitas yang salah satunya yaitu dengan peningkatan kapasitas para Camat,” Lanjut Amir.

Kegiatan ini juga merupakan tindaklanjut dari adanya mutasi pejabat dilingkungan Pemkab Paser 8 oktober lalu yang diantaranya ada pergeseran beberapa jabatan Camat sehingga dianggap perlu meningkatkan kompetensi dan wawasan melalui bimtek.

Bertindak sebagai narasumber yaitu widyaswara dari Kemendagri dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemprov Kaltim Jauhar Effendi.

Pada kesempatan tersebut Amir juga menyampaikan pesan Bupati Fahmi kepada para Camat agar setiap Permasalahan di desa harus diselesaikan ditingkat kecamatan.

“Selain itu, kami juga mengingatkan bahwa tantangan ke depan akan semakin kompleks. Di era sekarang yang serba IT telah merubah pola dan gaya hidup masyarakat. Begitupun dalam tata kelola pemerintahan, maka sebagai aparatur kita dituntut mampu beradapatasi dan menciptakan pelayanan yang berbasis teknologi dan terintegrasi,” tutupnya. (Humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1453 detik dengan memori 0.95MB.