Berita:Bibit Ulin & Durian Ditanam Kawasan Gunung DAR Hutan Adat Modang

Siaran Pers


TANA PASER- Peringatan HUT Desa Modang Kecamatan Kuaro ke-86, Rabu (26/01/2022), juga dirangkai Aksi Penanaman Pohon dikawasan Hutan Perhutanan Sosial atau Hutan Adat Desa Modang.

Aksi penanaman pohon tersebut sebelumnya diawali dengan penyerahan bibit pohon Ulin dan Durian secara simbolis olah Wabup Paser Hj Syarifah Masitah Assegaf.

Lalu, aksi penanaman  dilahan hutan Adat Modang seluas 611 hektare khususnya dikawasan Gunung DAR, dilakukan Kepala DLH Achmad Safari,  Kadis PMD Candra Irwanandi,  Kepala KPHP Kandilo,  Camat Kuaro, Kades Modang, tokoh Adat  dan unsur pengurus hutan adat Modang.

Wabup Masitah berharap  gerakan menanam terus digalakkan tidak berhenti sampai disini saja, tetapi menginspirasi setiap desa untuk melakukan penghijauan diwilayahnya masing-masing. 

Selanjutnya Wabup Masitah merasa bangga atas kegiatan positif masyarakat Desa Modang, dan tentunya akan memberikan manfaat besar bagi keberlangsungan fauna dan flora, serta masyarakat sekitar  hutan adat

“Hutan  banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan mengelola berbagai hasil hutan menjadi  barang yang bernilai ekonomi. Sehingga dengan upaya penghijauan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan hasil hutan.

“Saya apresiasi kegiatan ini, mari kita jaga hutan yang telah memberikan banyak manfaat. Serta kita rawat sehingga dapat kita rasakan manfaatnya oleh anak cucu kita,” kata Wabup Masitah.

Seksi Perlindungan dan Pengamanan Hutan Perhutanan Sosial Hutan Adat Modang Erawan mengatakan, kawasan hutan ini akan dijadikan sebagai kawasan dalam upaya meningkatkan ekonomi produktif masyarakat kawasan hutan.

Karena itu menurut Tokoh Pemuda Desa Modang dan pemandu obyek Wisata Doyam Seriam ini, ada empat fungsi yang akan dikembangkan dalam kawasan ini, yakni selain sebagai kawasan konservasi dan jasa lingkungan, juga sebagawai kawasan ekowisata, pengayaan jenis pohon buah-buahan dan pengembangan budidaya madu.

Yang menarik sebut Erawan, dalam kawasan hutan Modang ini, selain terdapat obyek wisata air terjun Doyan Seriam, juga ada  kawasan Gunung DAR yang keindahannya alamnya sangat luar biasa.  (humas) 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 0.1386 detik dengan memori 0.95MB.