Berita:Asisten Pemkes Buka Rakor Lintas Sektor Pembentukan TPKJM

Siaran Pers

Tana Paser - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur menggelar Rapat Koordinasi Pembentukan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat ( TPKJM ) Provinsi Kalimantan Timur yang di laksanakan di Ballroom Hotel Bumi Paser, Selasa ( 17/10/2023 )pagi. Pertemuan tersebut diadakan dalam rangka melaksanakan koordinasi permasalahan lintas sektor terhadap kesehatan jiwa masyarakat.

Dalam sambutan sekaligus laporan Plt.Kepala Dinas Kesehatan,Jon Jauhari menyampaikan permasalahan kejiwaan ini cukup banyak kita temukan di sekitar lingkungan kita,seseorang yang mengalami penyakit kejiwaan tentu perlu penanganan yang cepat dan tepat guna mencegah gangguan jiwa yang masa datang.

Rakor tersebut diikuti dari berbagai lintas sektor, baik dari pemerintah, lembaga swasta, organisasi profesi dengan jumlah hadir sekitar 50 orang dan mendatangkan narasumber dari Provinsi Kaltim.

"Orang yang mengalami gangguan jiwa atau yang kita kenal ODGJ orang yang memiliki hak memperoleh perlakuan yang layak sesuai dengan undang - undang nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disibilitas" ungkap Plt.Kadis Kesehatan.

Sementara itu dalam Sambutan Bupati Paser yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra,Ir.H.Romif Erwinadi, M.Si menyampaikan bahwa kesehatan jiwa masih menjadi salah satu permasalahan di Indonesia setiap tahunnya terus mengalami peningkatan bahkan di tingkat dunia,tak terkecuali di kabupaten Paser,hal ini disebabkan oleh berbagai faktor biologis,psikologis dan sosial. Saat ini data yang kami dari Dinas Kesehatan Kabupaten Paser,ada sekitar 326 ODJG dan ada sekitar 7 orang yang sampai sekarang masih dipasung yang terdapat di beberapa kecamatan yang ada di kabupaten Paser.

" Saya berharap dengan pembentukan TPKJM ini kita dapat menekan jumlah ODGJ di Kabupaten Paser dengan meminimalisir pencetus faktor resikonya,serta yang utama adalah tidak ada lagi kasus pemasungan di wilayah kita" ucap Romif.


Tidak lupa Romif ucapkan terimakasih kepada para narasumber untuk hadir,terutama dari Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim serta para stakeholder yang hadir dalam pembentukan tim TPKJM " tambah Romif sambil membuka rapat koordinasi lintas sektor dan pembentukan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat ( TPKJM ).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut ,Anggota DPRD Kabupaten Paser,H.Lamaluddin,Kadis Sosial Provinsi,Kadis Kesehatan yang diwakilkan,Polres dan Kodim yang di wakili,Wakil Direktur RS Panglima Sebaya,Ketua BAZNAS,serta para undangan yang lain. ( Prokopim )


Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 1.8655 detik dengan memori 3.25MB.