Berita:Asisten Administrasi Umum Lepas Kontingen Pekan Nasional ke – 16 KTNA Paser

Siaran Pers

Tana Paser – Asisten Administrasi Umum Murhariyanto mewakili Bupati Paser melepas kontingen Pekan Nasional (Penas) ke -16 Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Paser Tahun 2023 ke Padang Sumatra Barat. Acara pelepasan tersebut digelar di Command Center KM 5 Tanah Grogot, Senin (05/06/2023). Dalam  sambutan Bupati yang dibacakan oleh Murhariyanto dikatakan bahwa Bupati mengucapkan terima kasih kepada para tani dan nelayan yang senantiasa berupaya memajukan pertanian dan perikanan di Kabupaten Paser. Dijelaskan pula bahwa dalam mengembangkan pertanian tidak mudah karena para petani sering diiming – imingi mengalihfungsikan lahan pertanian menjadi usaha lain yang lebih menggiurkan. Melalui pertanian artinya menjaga keseimbangan ekosistem untuk kelestarian lingkungan.

Selain itu pada sambutan Bupati yang dibacakan Murhariyanto diinformasikan  bahwa pertanian masuk pada Misi Paser MAS dan program prioritas strategis yang menjadikan pertanian sebagai sektor andalan dan menjadi motor pertumbuhan ekonomi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Paser serta sebagai mitra strategis Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Sebagai bentuk  ucapan terima kasih dari Pemerintah Kabupaten Paser kepada para Tani dan Nelayan Pemerintah Kabupaten Paser memberikan dukungan dan memfasilitasi kegiatan para tani dan nelayan termasuk kegiatan Penas ini.

Dalam kesempatan yang sama melalui sambutan Bupati, diharapkan agar para tani dan nelayan melaksanakan semua kegiatan dan memanfaatkan momen Penas tersebut untuk bersilaturahmi, sharing pengalaman, teknologi, pemikiran dan ide-ide dari peserta daerah lain yang bisa kita kembangkan bagi kemajuan pertanian di Kabupaten Paser menuju Kabupaten Paser Maju, Adil dan Sejahtera.  “Keinginan dan harapan kita ini sesuai dengan komitmen Kementerian Pertanian dalam memantapkan penguatan komoditi lokal untuk kemandirian pangan,” kata Murharyanto.

Diakhir sambutan Bupati yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum dikatakan bahwa Bupati mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat atas kerja keras dan waktunya dalam memfasilitasi kegiatan KTNA sehingga memudahkan komunikasi antara pihak pemerintah dan petani dalam upaya memajukan pertanian di Kabupaten Paser melalui kegiatan Penas KTNA  di Padang Sumatera Barat.

Sebagai informasi kegiatan Penas XVI Tahun 2023 akan digelar di Lapangan Udara Sultan Sjahrir Kota Padang Sumatera Barat, dari tanggal 10 Juni s/d 15 Juni 2023. Adapun peserta Penas dari seluruh Indonesia berjumlah sekitar 40.000 orang terdiri dari 70 % peserta utama, 15% peserta pendamping dan 15 % peserta peninjau. Sementara itu dari Kabupaten Paser peserta yang mengikuti Penas sejumlah 73 orang yaitu 48 peserta utama dan pendamping dan 25 peserta peninjau terdiri dari para anggota KTNA Paser, penyuluh pertanian serta perangkat daerah terkait. (Prokopim)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 2.4345 detik dengan memori 0.7MB.